Di Tangan Cahyo, Pare Pahit Jadi Keripik Gurih Bahkan Tembus Pasar Nasional
  • 254
  • 0
  • 0
  • 0

M. Cahyo, warga Dusun Gondorejo, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu berhasil merambah pasar nasional lewat ide uniknya ubah pare yang terkenal dengan rasa pahit, menjadi kripik gurih. Ia bisa menjadi salah satu sosok yang menginspirasi kita semua. Semangat Indonesia Mandiri mengalir deras dalam darahnya.

Pria yang tergabung dalam asosiasi UMKM di Kota Batu ini berhasil menggugah rasa penasaran masyarakat Indonesia terhadap cita rasa keripik buatannya.

Terbukti, pembeli keripik parenya justru dominan masyarakat luar Kota Batu dan sudah tersebar ke berbagai kota seperti, Bandung, Bekasi, Banten, Ciamis, Surabaya, Mojokerto, Sidoarjo, Batam, Banjarmasin, Jakarta, Mataram, hingga Bengkulu dan Pekanbaru.

Cahyo sadar betapa berkhasiatnya sayuran satu ini namun sayang tak banyak yang menggemari. Untuk itulah, meski trial and error di awal, Cahyo tetap bertekad.

“Keripik ini tidak mengubah khasiat dari pare. Hanya rasa pahitnya hilang, dan gurih. Jadi yang dulunya tidak suka pare, jadi suka, karena rasanya yang gurih,” kata Cahyo, Senin (4/12/2017).

Pria ini berharap agar ke depannya Pemkot Bantu mampu merangkul seluruh anggota UMKM.

“Baik yang baru memulai seperti saya, maupun yang sudah lama mengembnagkan usaha. Karena sayang jika kami sebagai warga Batu yang memiliki potensi mengembangkan usaha dari berbagai inovasi, tetapi tidak difasilitasi oleh Pemkot.” [Is]

Sumber: http://suryamalang.tribunnews.com/2017/12/04/ubah-rasa-pahit-buah-pare-jadi-keripik-gurih-produk-umkm-kota-batu-ini-tembus-pasar-nasional?page=all