Dari Ondel-ondel Hingga Panahan, Mural Karya Anak SMK Percantik Casablanca
  • 245
  • 0
  • 1
  • 0

Siswa-siswi SMK 58 dan SMK 46 Jakarta Timur ditunjuk langsung oleh Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk percantik Jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca. Dari yang biasanya abu-abu polos, kini penuh dengan mural warna-warni. Kedua SMK itu menjadi pilihan karena miliki latar jurusan Seni Rupa dan Komunikasi Visual.

"Yang punya dua jurusan itu kebetulan hanya SMK di Jakarta Timur, jadi sekolah saya dan SMK 58," kata Oom, Kepala Sekolah SMK 46 saat dihubungi Kompas.com, Senin (4/12/2017).

Sebelum terjun ke lapangan, para siswa-siswi ajukan desain awal terlebih dahulu yang kemudian dikirim oleh pihak sekolah ke tim Gubernur. 10 tiang dihias yakni 5 sebelum underpass dan 5 setelahnya. Tiap SMK dapatkan jatah menghias 5 tiang. Proses pengecatan yang memakan waktu 3 hari ini, selain sebagai salah satu keinginan Anies Baswedan untuk membuat Jakarta salah satu kota ekspresi seni, juga sebagai penyambutan Asean Games 2018.

Meski mural yang cenderung tampak adalah budaya dan olahraga, menurut Oom sebenarnya tidak ada tema yang ditentukan.

"Untuk tema sebenarnya tidak hanya olah raga, ada karya bebas lain dari siswa. Kalau olah raga memang sekalian Asean Games saja"



Sumber: Kompas.com