Candi Simping Jadi Titik Kumpul Kirab Pemuda Nasional 2017
  • 277
  • 0
  • 0
  • 0

Candi Simping di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, menjadi titik kumpul Kirab Pemuda 2017. Dipilihnya tempat bersejarah ini karena di sinilah tempat pendarmaan (penghormatan) Raja Majapahit pertama yakni Raden Wijaya, yang disimbolkan sebagai awal lahirnya Pancasila dan negara Indonesia.

Informasi yang dihimpun, Raden Wijaya bergelar Sri Kertarajasa Jayawardhana. Artinya Baginda telah menghidupkan semua agama, di dalamnya sarat dengan nilai persatuan dan kebinekaan tunggal Ikaan. Gelar itu juga menyiratkan, bahwa toleransi beragama sudah ada sejak awal jaman kerajaan Majapahit ada.

"Acara ini sasarannya adalah pemuda. Pemuda wajib tahu bagaimana sejarah besar lahirnya Indonesia. Indonesia tidak bisa lepas dari yang namanya Nusantara, kerajaan Majapahit. Kerajaan inilah yang bisa menyatukan Nusantara dan di sinilah Raja Majapahit pertama didharmakan (dimuliakan)," ujar Kepala Disporbudpar Kabupaten Blitar Luhur Sejati pada detikcom, Selasa (5/12/2017).

Menurut Luhur, dari tempat inilah sejarah Nusantara bisa lahir. Dan tempat ini harus dijadikan aplikasi pendidikan sejarah bagi generasi muda Indonesia.

Acara diawali dengan pementasan drama terarikal yang bercerita tentang Raden Wijaya sebagai pendiri Majapahit. Dialah raja yang berhasil mengusir Tentara Mongol yang berniat menguasai Jawa. Setelah berdirinya Majapahit, maka kerajaan besar dengan semangat Sumpah Palapa oleh Gajah Mada berhasil mempersatukan Nusantara.

Sebelum diberangkatkan, upacara seremonial digelar yang diantaranya adalah pengucapan ikrar kebangsaan oleh peserta upacara. Dilanjutkan penandatanganan ikrar kebangsaan yang dilakukan Bupati Blitar, Rijanto, selaku inspektur upacara.

Perjalanan Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Blitar diberangkatkan secara simbolis oleh Rijanto. Tampak hadir mendampingi bupati saat pelepasan rombongan adalah anggota DPR RI Eva Kusuma Sundari dan staf Kemenpar, Yudistira.

Sebanyak 72 personel anggota tim inti pasukan kirab nasional naik kendaraan roda dua menuju Kota Blitar. Disusul sekitar 1.500 elemen pemuda, baik ormas, mahasiswa dan lembaga keagamaan ikut meramaikan peserta Kirab.

Perjalanan Kirab akan menempuh rute Candi Simping menuju Makam Bung Karno di Bendogerit Kota Blitar. Ziarah dan renungan perjuangan para pendiri bangsa akan dilakukan di sana.


 

(Sumber: detik.com)