Bupati Pasuruan Menghimbau Warga Cintai Produk UKM Lokal
  • 344
  • 0
  • 0
  • 0

Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf menghimbau masyarakat lebih mencintai produk lokal dengan membeli produk UKM agar usaha-usaha kecil rumah tangga semakin berkembang. Seluruh SKPD pun diwajibkan membeli produk UKM lokal.

Banyak produk yang dipasarkan melalui Sentra Produk Unggulan di Bangil, Pasar Wisata Cheng Ho di Pandaan dan secara pribadi oleh para pelaku UKM. Direncanakan akan dibangun sentra di lokasi-lokasi baru yang lebih strategis.

"Saya ingin menciptakan banyak keramaian dan kepadatan ekonomi. Semakin banyak akan semakin bagus," kata bupati yang akrab disapa Gus Irsyad di Pendopo Ngawiji Ngesti Wenganing Gusti, Kamis (25/8/2016).

Kepala SKPD diwajibkan untuk membeli produk ukm lokal, terutama makanan, camilan serta minuman sebagai suguhan di kantor. Mereka tentu bias memilih berbagai macam produk dengan beraneka macam jenis karena di Kabupaten ini terdapat berbagai macam UKM makanan, camilan maupun minuman.

"Banyak produk UKM yang ditawarkan seperti camilan, ini terdapat di pendopo, di SKPD semuanya ada " tandas Gus Irsyad.

"Kami ingin memulai mencintai produk UKM, semoga warga juga semakin banyak yang memilih produk UKM daripada jajanan pabrik," pungkasnya.

Usaha Pemkab Pasuruan untuk pengembangan UKM tak main-main. Sebuah program klinik ekonomi Pusat Strategi dan Pelayanan Ekonomi Maslahat (Satrya Emas) dilucurkan awal tahun lalu.

Lewat Satrya Emas, Pemkab akan menginventarisasi semua masalah yang dihadapi pelaku UKM. Hasil inventarisasi program akan dikaji sebagai dasar kebijakan terkait UKM yang akan diambil tahun berikutnya. 

 

(sumber: detik.com)