Bulan Tertib Trotoar, Ayo Kembalikan Hak Pejalan Kaki
  • 260
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta - Bulan Tertib Trotoar telah dimulai. Dalam mensosialisasikan gerakan Indonesia Tertib, program ini dilakukan untuk mengembalikan kesadaran masyarakat akan fungsi trotoar khusus bagi pejalan kaki (pedestrian).

"Anggota sudah bergabung dengan Satpol PP dan Dinas Perhubungan untuk penertiban trotoar di Jakarta yang memang cukup rawan diserobot," ujar Kasubdit Keamanan dan Keselamatan Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Miyanto, seperti yang dilansir  detikcom, Rabu (2/8/2017).

Pangkalan Ojek, pedagang kaki lima telah memenuhi jalanan ibu kota yang mengakibatkan trotoar yang berjalan tidak sesuai dengan fungsinya. Bulan tertib trotar merupakan salah satu alasan agar para pedagang ataupun tukang ojek sadar akan fungsinya. Polisi bersama instansi terkait akan melakukan upaya pencegahan hingga penindakan terhadap para pelanggar.

"Kita lakukan upaya mulai pencegahan. Kalau dengan pencegahan tidak bisa juga, kita lakukan penindakan dengan tilang atau kalau misalnya PKL ada Satpol PP nanti yang akan melakukan tindakan," sambungnya.

 

Trotoar adalah tempat khusus bagi para pejalan kaki. Namun banyak warga yang kurang sadar akan fungsi semestinya trotoar, bahkan menjadikan trotoar sebagai pangkalan ojek hingga tempat berjualan yang membuat kenyamanan pejalan kaki terganggu.

 

" berjalan kaki dengan aman dan nyaman di trotoar merupakan keinginan para pejalan kaki dan mendapatkan haknya," sambungnya.

 

Trotoar adalah ruang khusus bagi pejalan kaki untuk berjalan agar keselamatannya terlindungi dari lalu-lalang kendaraan di jalanan. Tentunya pejalan kaki menginginkan trotoar yang bersih dari PKL dan sepeda motor tukang ojek agar bisa berjalan kaki dengan aman dan nyaman.

 

"Mulai sekarang, ayo tertib dalam berlalu lintas. Kembalikan hak-hak pejalan kaki. Pejalan kaki juga punya hak untuk berjalan di trotoar yang aman," pungkasnya. [Is]

 

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-3582811/bulan-tertib-trotoar-ayo-kembalikan-hak-pejalan-kaki