Bisnis Kuliner Para Pemuda Bareng GO-FOOD
  • 314
  • 0
  • 0
  • 0

Jakarta – Kalangan anak mudah mulai lirik dunia bisnis yang menghasilkan omset yang menggiurkan beberapa tahun belakangan ini. Dengan konsep dan ide menarik dapat menghasilkan bisnis kuliner yang berbeda. Dari gerakan yang mencerminkan Indonesia Mandiri tersebut, melalui etos kerja dan integritas yang tinggi, banyak pebisnis muda yang sukses dan menghasilkan omset yang tak terduga.

Banyak anak muda yang ingin mencoba untuk memulai bisnis kuliner dengan adanya semangat dan motivasi. Hadirnya GO-FOOD dinilai mempermudah siapapun membuka bisnis kuliner. Dapur rumahan yang tidak sebegitu memakan budget banyak pun bias ditawarkan melalui GO-FOOD.

Promosi tidak hanya dilakukan melalui pemasangan GO-FOOD tetapi juga media sosial, agar banyak yang mengetahui produk tersebut, dan mengadakan promosi melalui media sosial tersebut. Rekomendasi dan testimoni dari para customer yang telah membeli sangatlah berharga bagi penjual dalam menawarkan makanannya. Beberapa anak muda yang menjalankan bisnis kuliner dan telah bergabung bersama GO-FOOD antara lain: Eatlah, Dapur MTW, Berrywell, Burgreens, Puyo.

Dapur MTW


Rangga dan Tiwuk memulai usaha awalnya Dapur MTW, dari sebuah dapur rumah di daerah Ampera, Jakarta Selatan, dua anak muda ini telah mencapai keberhasilan dalam usahanya. Harapan awalnya, produk kuliner yang mereka tawarkan melalui partnership dengan GO-FOOD bisa berkembang pesat dan dikenal banyak masyarakat. Menu andalan Dapur MTW ini ada lidah sapi cabe hijau dan balado yang disuguhkan dengan efisien dan dapat di nikmati dimanapun.

 

Selama 2 tahun Dapur MTW dan GO-FOOD telah bekerja sama dalam hal memasarkan produk kuliner mereka. GO-FOOD sangan membantu mereka dalam hal promoting dan distributing  produk mereka yang awalnya hanya menggunakan 3 ojek langgangan mereka untuk mengantarkan produk mereka ke pelanggannya. 

Mereka mendapatkan keuntungan mancapai 40 kali lipat, dapat dilihat dari transaksi yang terhitung pada kerjasama antara Dapur MTW di GO-FOOD selama setahun terakhir. Dpur MTW dapat menciptakan kontribusi bagi orang Indonesia yaitu dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi pengangguran

 

Mereka berharap, anak muda masa kini dapat berkreasi dan semakin peduli dengan hal sekitar dan berani memulai untuk berwirausaha. Dengan adanya kepedulian dan kreatifitas kita dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat lain.


Pesan yang disampaikan oleh Rangga dan tiwuk yaitu, meningkatkan krestifitas kita dalam segala hal yang kita tekuni yang berkaitan dengan hal nasionalisme kita sebagai warga Indonesia. Anak muda masa kini juga memiliki banyak potensi, seperti kreatif, teknologi dan berani.

 

Burgreens


Burgreens adalah organic healthy fast food yaitu makanan sehat berbasis nabati yang sehat dan disajikan dengan konsep yang menarik. Sehingga orang-orang yang belum makan sehat atau belum sadar pentingnya sehat pun ingin mencoba dan mencai tahu.

 

Helga yang berumur 26 tahun mendirikan sebuah usaha yang berkontribusi dalam menyediakan makanan sehat, ramah lingkungan dan peduli terhadap petani lokal tetapi tetap enak dan disukai oleh orang-orang kota yang kurang peduli tentang isu petani dan lingkungan. Masyarakat yang tidak melihat langsung dampak yang ada ketika mereka mengonsumsu makanan junk food atau sejenisnya terhadap alam dan petani lokal negara sendiri.

 

Burgreens bekerja sama dengan GO-FOOD agar mudah diakses dan di minati banyak masyarakat karena lebih mudah di akses. Dengan adanya GO-FOOD, orang-orang tidak perlu mampir atau jauh-jauh mendatangi outlet kami yang letaknya tidak menjangkau bagi yang berjauhan. Melalui GO-FOOD, 30-40% penjualan kami laku keras dari beberapa outlet. Helga mempunyai harapan bahwa orang Indonesia harus hidup lebih sehat dan mempromosikan untuk berbisnis mandiri.

 

Kegiatan bisnis yang bisa berdampak positif bagi lingkungan dan sebagai generasi muda masa kini bukan sebagai hal yang keren atau bisa dipandang tapi sesuatu yang harus bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar

 

Menurut Helga anak muda Indonesia zaman sekarang harus berjuang melawan isu-isu dalam hal lingkungan. Contohnya kita harus merdeka dari kemiskinan, merdeka dari ketidaksehatan, berjuang ketergantungan pangan terhadap negara luar, juga kerusakan lingkungan.

PUYO

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau PUYO, silky dessert yang melejit ini didirikan oleh anak muda. Menurut para pendiri PUYO, yang menggambarkan generasi muda saat ini adalah: 

• Open minded: Kagum dengan pemikiran anak-anak muda Indonesia saat ini yang mempunyai keterbukaan pikiran untuk belajar menerima sesuatu hal yang baru. 
• Hard working: Selain suka bermain, aku melihat bahwa anak-anak muda Indonesia sekarang juga pekerja keras yang sudah mempunyai penghasilan untuk diri mereka sendiri sejak usia muda. 

• Passionate: Aku percaya akan passion. Passion anak-anak muda Indonesia akan hal yang mereka cintai membuat mereka menghasil banyak inovasi baru yang membantu Indonesia terus maju dan berkembang. 

 

"Aku ingin menjadi seseorang yang memberikan dampak positif untuk Indonesia dengan cara membangun pemikiran bahwa pemuda Indonesia perlu memiliki tujuan menjadi pembaruan bangsa yang kreatif, inovatif dan penuh semangat untuk mengembangkan diri dalam berbagai bidang," jelas Eugenie, salah seorang pendiri PUYO. 

Diawali dengan rasa bangga menjadi anak muda Indonesia, bangga dapat menciptakan sebuah brand (PUYO Desserts) yang berkembang di Indonesia dan mendapat feedback positif dari masyarakat Indonesia. Dan, terus berusaha untuk ikut menyemangati generasi muda Indonesia dengan membangun komunitas untuk anak muda, serta membantu orang-orang di sekitar melalui campaign yang diadakan oleh Puyo Desserts. 


GO-FOOD telah membantu mengantarkan PUYO Desserts ke costumer, sehingga banyak orang yang terus merasakan kebahagiaan yang telah diberikan. "Kita berharap
dapat berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan di Indonesia melalui GO-JEK. Selain itu aku berharap generasi muda dapat menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya ribuan pulau, ribuan bahasa dan beragam budaya. Berkontribusi untuk bangsa dapat dimulai dengan memiliki rasa cinta tanah air kita, Indonesia. Tanamkan rasa bangga akan Indonesia, lalu kejarlah mimpimu", pungkas Eugenie. 

Eatlah


Eatlah, terkenal dengan salted egg chicken dengan kemasan ready to eat. "3 hal yang menggambarkan anak muda Indonesia di masa kini yaitu: kreatif, modern, dan berpikiran luas." Ungkap Charina salah satu pendiri Eatlah. 

 

Aspirasi sebagai anak muda Indonesia dapat membanggakan indonesia dan membawa karya dan kreatifitas indonesia ke pasar internasional. Saat ini kontribusi yang telah dilakukan pelan-pelan ingin membangun Eatlah sebagai sebuah karya dari anak Indonesia, dengan harapan bisa menjadi merk makanan cepat saji yang bisa diterima bukan hanya di Indonesia, tapi juga di luar negeri. 


Dengan hadirnya GO-FOOD sangat membantu dan memberikan kontribusi besar untuk karya-karya anak bangsa agar terus maju. "Itu memotivasi kita sebagai pengusaha kecil untuk terus menjadi maju dan bermimpi lebih baik lagi agar merek kita bukan hanya dikenal di Jakarta atau Indonesia saja, tapi membawa nama sebuah merek Indonesia ke pasar internasional." Jelas Charina.


Dimulai dari 1 outlet di bulan Juni 2016, kini Eatlah telah memiliki 7 outlet, dengan transaksi yang meningkat hingga ratusan kali lipat sejak awal didirikan. Pesan untuk anak muda Indonesia di masa kini jangan pernah takut dengan kegagalan. Terus berkarya dengan kemampuan yang dimiliki, seberapa kecil karyamu, itu merupakan kontribusi untuk bangsa ini. 


Berrywell

Berrywell, didirikan oleh tiga pemuda Andre, Kevin, dan Dio. Mereka bersahabat dan memulai menjalankan bisnis bersama dan ternyata berhasil. 


Menurut mereka, 3 hal yang menggambarkan anak muda Indonesia di masa kini, kreatif, adaptability, dan pantang menyerah. Menjadi orang sukses tidak harus langsung mencapai kesuksesan tinggi, menjadi orang yang sukses kalau memang hasil yang dibuat memiliki impact terhadap orang lain.

 

"Berrywell ingin to make people to be healthy, in a fun way. Dengan harapan bisa menjadi anak muda yang sukses dan berprestasi dan dapat menginspirasi generasi muda saat ini." jelas Andre salah satu pendiri Berrywell. 

 

Berrywell telah menjadi F&B yang membawa kultur smoothie bowl walaupun sebelum Berrywell sebenarnya telah ada smoothie bowl yang lain. Tetapi ternyata mereka dilihat sebagai salah satu first mover. Dibalik itu, para pendiri Berrywell (Kevin, Dio dan Andre) adalah anak muda yang ambisius, mempunyai cita-cita yang bisa membuat sesuatu yang besar tapi juga mempunyai dampak positif untuk orang lain. 

 

GO-FOOD sangat membantu banyak hal karena Berrywell tidak memiliki layanan delivery. Menjadi mitra GO-FOOD sangat membantu terutama dalam hal pengiriman dan juga meningkatkan penjualan. Tanpa GO-FOOD, Berrywell sendiri juga akan kesulitan bagi yang ingin mengakses ke outlet Berrywell. GO-FOOD juga memberikan wadah untuk bangsa ini untuk kreatif dalam berbisnis, merubah cara pikir dalam pengantaran makanan. 

Pesan mereka untuk anak muda Indonesia harus berani memulai untuk berbuat sesuatu, kaarena kita tidak akan bisa merasakan dampaknya jika tidak mulai melakukannya. Tetap berjuang pantang menyerah, kreatif dalam menyelesaikan masalah. Jangan takut untuk gagal karena pelajaran terbaik dapat kita dapatkan dari kesalahan.(Is/fyk)

Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-3700686/5-anak-muda-inspiratif-dengan-bisnis-kuliner-bareng-go-food