Badai Irma: Indonesia Tunjukkan Solidaritas Terhadap Kepulauan Karibia
  • 290
  • 0
  • 0
  • 0

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menghadiri acara High Level Meeting on Hurricane Irma yang merupakan salah satu pertemuan dalam rangkaian Sidang Umum PBB. Pertemuan yang dipimpin oleh President of the UN General Assembly Miroslav Lajcak itu diselenggarakan pada Senin, 18 September 2017 pukul 12:00 Waktu New York.

Menurut Puan, kehadiran Indonesia dalam pertemuan ini berperan penting khususnya untuk menunjukkan solidaritas terhadap Kepulauan Karibia yang terimbas Badai Irma. “Sebagai negara kepulauan, Indonesia memahami kerentanan Kepulauan Karibia yang terdampak oleh Badai Irma” ujarnya.

Indonesia juga mengapresiasi berbagai upaya yang dilakukan berbagai negara untuk memulihkan kehidupan masyarakat di Kepulauan Karibia, pasca terjadinya Badai Irma. “Indonesia akan terus memberikan dukungan yang sesuai untuk meningkatkan kapasitas masyarakat setempat sehingga mampu melaksanakan proses pemulihan secara cepat dan mandiri,” jelas Puan.

Di lain pihak, Miroslav Lajcak menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban dan mengajak negara lainnya untuk turut membantu dalam membangun wilayah yang terkena dampak Badai Irma. Lajcak juga berterima kasih atas bantuan yang sudah diberikan oleh negara lainnya untuk meringankan beban para korban Badai Irma.

Seperti diketahui, Badai Irma melanda negara-negara di Kepulauan Karibia pada awal September 2017.  Kerusakan parah terjadi di pulau-pulau Karibia seperti Barbuda, Saint-Berthelemy, Saint Martin, Anguilla, dan Virgin Islands. Selain jatuhnya korban jiwa, ribuan warga juga diungsikan akibat terjangan Badai Irma di Kepualauan Karibia. [An/Pd]

Sumber foto: Kemenko PMK