2 Bandara Indonesia Raih Penghargaan Dari Airport Council International
  • 267
  • 0
  • 0
  • 0

Indonesia boleh berbangga lantaran 2 bandaranya meraih penghargaan dan pengakuan internasional. Hal itu ditandai dengan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang baru saja menerima penghargaan bengengsi tingkat dunia. “Airport Service Quality (ASQ) Awards 2017” dari Airport Council International (ACI) menobatkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai The 3rd World Best Airport 2016 dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar sebagai The Most Improved Airport in Asia-Pacific 2016.

PT Angkasa Pura I (Persero) menerima langsung penghargaan tersebut di acara seremonial “27th Airport Council International Africa/World: Annual General Assembly Conference & Exhibition” pada 17-18 Oktober 2017 di Mauritius, Afrika.

“Pengakuan ini merupakan bukti nyata atas kerja keras yang terus kami lakukan dan fokus kami untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada para penguna jasa bandara, sekaligus sebagai perwujudan visi perusahaan,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S Baskoro.

Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali berhasil menyabet penghargaan sebagai bandara nomor tiga terbaik di dunia tahun 2016 dalam kategori bandara dengan 15-25 juta penumpang per tahun. Adapun Bandara Sultan Hasanuddin Makassar digadang sebagai bandara yang paling berkembang di kawasan Asia Pasifik tahun 2016.

Penghargaan ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara. Survei ASQ dilakukan oleh ACI, sebuah organisasi bandara yang berbasis di Montreal, Kanada. Survei ini menilai kepuasan penumpang di lebih dari 250 bandara dunia dari 34 indikator, antara lain akses bandara, check in, security screening, fasilitas belanja, restoran, serta fasilitas toilet. []