YUK SOBAT, KITA PAHAMI BEDA PSBB, KARANTINA, DAN LOCKDOWN
  • 47
  • 0
  • 0
  • 0

Ditengah meluasnya penyebaran virus COVID-19 yang terjadi di Indonesia, tak heran banyak sekali istilah-istilah baru yang kita dengar guna memutus penyebaran virus ini. Berawal dari istilah social distancing yang kemudian berubah menjadi physical distancing yaitu menjaga jarak aman kurang lebih 1-2 meter dari orang yang berada disekitar kita.  Lalu mendengar istilah ODP, PDP, dan suspect. Kalau istilah-istilah tadi tentunya sobat Revmen udah pada paham ya..

Namun, siapa diantara kalian yang masih bertanya-tanya apa sih beda karantina dengan lockdown, lalu apakah PSBB itu sama dengan lockdown?

Yuk sobat, langsung aja kita bahas satu persatu.

1.     Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit atau kontaminasi. 

 

Kegiatan pembatasan meliputi; peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi, dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan keamanan

 

2.     Karantina Wilayah adalah pembatasan penduduk dalam suatu wilayah termasuk wilayah pintu masuk beserta isinya yang di duga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit/terkontaminasi.

 

3.     Lockdown adalah suati kondisi dimana orang tidak boleh ke luar rumah, transportasi semuanya berhenti. Baik bus, kendaraan pribadi, sepeda motor, kereta api, pesawat. Kegiatan kantor-kantor semuanya dihentikan semuanya.

Itulah sobat bedanya PSBB, karantina wilayah, dan Lockdown. Bagaimana sobat Revmen sekarang sudah pahamkan mengapa pemerintah menerapkan PSBB ketimbang lockdwon. Yap hal ini karena agar dengan PSBB diharapkan kegiatan ekonomi masih dapat berjalan hanya saja ada beberapa pembatasan aktivitas. Yuk sobat kita bergotong-royong dan bersatu untuk mendukung langkah yang tengah ditetapkan dan dihimbau oleh pemerintah untuk #Dirumahaja guna memutus rantai penyebaran covid-19.

#Ayoberubah

#Indonesiabersatu