Positif bermedia sosial “Milenial Peduli Sampah” Labuan Bajo, NTT
  • 44
  • 0
  • 0
  • 0

Positif Bermedia Sosial “Milenial Peduli Sampah” Labuan Bajo, NTT

Sobat revmen, mimin mau ceritain perjalanan mimin ke Labuan Bajo yang seru banget. Hari ini 18 Februari 2020 mimin berkesempatan berkumpul bersama 120 sobat revmen milenial di Labuan Bajo yang berasal dari kalangan Mahasiswa, Pelajar, Pramuka, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), Duta Generasi Remaja (GenRe), Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), Pemda, TNI, Polri, Komunitas, Vloger, Youtuber dan Netizen aktif pengguna media sosial di wilayah Kabupaten Manggarai Barat. Hari ini mimin dan temen-temen semua berkumpul untuk mengadakan kegiatan Positif Bermedia Sosial “Milenial Peduli Sampah, kegiatan ini dilakukan untuk mendorong masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), utamanya Gerakan Indonesia Bersih (GIB), dukungan pelaksanaan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2020 (HPSN), dan sebagai langkah awal penyiapan mental milenial Labuan Bajo dalam menyongsong peluang menjadi tuan rumah destinasi wisata dunia. Sobat Revmen dimanapun kamu berada pasti udah pada tahu kan kalo akhir-akhir ini isu kebersihan lingkungan sudah menjadi trending topic di berbagai media. Melihat kondisi laut dan pantai yang kotor pasti bikin sedih  dan membuat kita sadar bahwa mulai saat ini kita harus lebih mencintai lingkungan dengan tidak mengotorinya dengan sampah.

Kegiatan hari ini dimulai dengan aksi nyata bersih Pantai Pede, membawa ke tempat pusat daur ulang Batu Cermin yang dikelola Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, serta melihat proses daur ulang, sebagai bagian edukasi proses pengolahan sampah. Kegiatan dilakukan sambil membuat dokumentasi dalam bentuk konten yang akan disebarkan lewat media sosial.  Selain aksi nyata, peserta mengikuti sesi pendalaman materi (edukasi) bersama para narasumber super keren diantaranya; Bapak Lukita Awang (Kepala Balai Taman Nasional Komodo) membawakan materi Taman Nasional Komodo sebagai Destinasi Wisata Internasional; dilanjutkan oleh kak Marta Muslin (Koordinator Indonesian Waste Platform/IWP), dengan materi Milenial Labuan Bajo Peduli Sampah; selanjutnya kak Noudhy Valdryno (Politics and Government Facebook) dengan materi Strategi Memviralkan Konten Positif di Media Sosial; dan terakhir kak Putri Silalahi (Manajer Komunikasi Instagram) dengan materi: Media Sosial untuk Promosi Destinasi Wisata Internasional. Diskusi para narasumber dipandu oleh Muhammad “Boe” Boeharto (Ketua Generasi Pesona Indonesia/GenPI) Labuan Bajo.

Kegiatan Positif bermedia sosial “Milenial Peduli Sampah” Labuan Bajo-NTT ini dilakukan agar sobat milenial di Labuan Bajo memiliki bekal dalam penggunaan media sosial. Publikasi berita-berita positif di Indonesia secara tidak langsung akan mempengaruhi karakter masyarakat Indonesia. Berita yang baik akan keluar dari milenial yang berkualitas. Mimin tidak berharap lagi, tetapi meminta para peserta menjadi kontributor untuk membantu pemerintah dalam menyampaikan publikasi berita baik dan melakukan aksi-aksi positif.  Ada yang mimin ingin ingatkan: Pendahulu kita sudah menggadaikan nyawa untuk membuat negara merdeka, tanggung jawab kita sekarang mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang membuat negara kita mampu bersaing dengan dunia internasional, tanpa harus menggadaikan nyawa, pamerkan aksi baik, sampaikan potensi daerah melalui gawai yang dimiliki, dan pengaruhi orang lain dengan aksi baik kita. Semua di Labuan Bajo perlu menyiapkan diri untuk menjadi tuan rumah Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nasional.

Terakhir, mimin mengajak semua Sobat Revmen di seluruh Indonesia untuk #AYOBERUBAH dan melaksanakan Gerakan Indonesia Bersih demi terwujudnya lingkungan bersih dan kelestarian alam kita.