Menko Puan : "Selayaknya Kita Mencintai Laut Nusantara Sebagaimana Kita Mencintai Daratannya"
  • 145
  • 0
  • 1
  • 0

Pada Hari Nusantara 13 Desember, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Kemenko PMK) Puan Maharani mendorong warga republik ini agar mencintai kawasan laut yang merupakan bagian dari wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia

"Hari Nusantara itu peringatan yang menegaskan bahwa laut kita luas, dua per tiga wilayah negeri ini adalah laut, maka selayaknya kita mencintai laut Nusantara sebagaimana kita mencintai daratannya,  memanfaatkan potensi laut, merawat laut dan menjaga kedaulatannya," kata Menko Puan Maharani, di Jakarta, Rabu (13/12)

Mencintai laut, menurut Puan adalah wujud pengungkapan rasa kebangsaan yang menegaskan bahwa wilayah negeri ini bukan hanya terdiri dari daratan tapi juga termasuk wilayah perairannya. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menegaskan jatidirinya sebagai bangsa maritim, bangsa yang tidak bisa lepas dari laut. Apalagi, di masa lalu, pemerintah Indonesia berjuang dengan penuh kesungguhan agar kebijakan memperpanjang batas wilayah teritorial laut di akui oleh dunia internasional.

“Pada 13 Desember 1957 lalu, Deklarasi Juanda digaungkan, wilayah maritim kita bertambah dari yang sebelumnya 3 mil jadi 12 mil, dari yang awalnya ditentang oleh negara lain lalu akhirnya diakui, itu merupakan kenikmatan yang patut kita syukuri,” jelas Menko Puan menambahkan.

Memanfaatkan potensi laut, dalam pengamatan Menko Puan, diperlukan sinergitas antar berbagai stakeholder agar kesejahteraan nelayan meningkat namun tetap menjaga kelestarian ekosistem yang ada, “Bangsa ini punya hak penuh untuk memanfaatkan, mengelola sumber daya yang berasal dari laut, pemerintah juga selalu mendorong agar nelayan kita semakin sejahtera namun perlu diingat kita sebagai bangsa juga punya kewajiban untuk pelestarian keberlanjutan ekosistem yang ada di laut,” kata Menko Puan.

Lebih dari itu, Menko Puan menaruh perhatian dan harapannya agar Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tetap utuh, oleh karena itulah, menjaga keutuhan kedaulatan maritim Indonesia adalah yang mutlak dan harus dipertahankan oleh seluruh warga negara ini, "Manusia Indonesia harus memandang lautan itu sebagai penghubung bukan penyekat, dengan demikian semangat bahari dan persatuan tetap tumbuh lestari,” tegas Menko Puan.

Peringatan Hari Nusantara ini merupakan hari nasional yang diperingati tiap tanggal 13 Desember yang diperkuat dalam Keputusan Presiden Nomor 126 Tahun 2001 dan ditandatangani oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Biasanya, dalam Hari Nusantara, dilakukan berbagai kegiatan positif seperti bersih pantai, pengobatan gratis dan berbagai kegiatan lainnya. khusus di tahun 2018, puncak peringatan Hari Nusantara dipusatkan di kabupaten Banggai, provinsi Sulawesi Tengah.