MENGENAL TARI MUSYOH SEBAGAI TARI TRADISIONAL DARI TIMUR INDONESIA
  • 92
  • 0
  • 0
  • 0

Hai sobat Revmen, kalian pasti sudah tahu ya kalau negara tercinta kita ini, negara Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusia. Berdasarkan informasi dari Badan Informasi Geospasial, luas wilayah Indonesia untuk daratan ialah 1.922.570 km2 dan perairan 3.257.483 km2. Bila ditotal, luas Indonesia wilayah Indonesia adalah 5.180.053 km2 Wow sobat Indonesia luas banget, ya. Dengan wilayah Indonesia yang begitu luas, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan ragam seni, bahasa, dan kebudayaan. 

Perlu kalian ketahui nih sobat, salah satu karya seni yang Indonesia miliki adalah seni tari. Hingga saat ini tercatat kalau Indonesia memiliki lebih dari 350 seni tari. Bagaimana sobat,  Indonesia kaya bangetkan seninya. Sobat, kali ini Mimin ingin berbagi info kepada kalian semua mengenai salah satu seni tari yang ada di Indonesia.

Tari Musyoh namanya tarian ini berasal dari timur Indonesia. Tari Musyoh merupakan tari yang dianggap sakral oleh suku Papua Sobat. Tari ini digunakan untuk upacara ritual seperti mengusir para arwah roh yang meninggal karena kecelakaan dan meninggal dunia. Suku Papua percaya arwah yang meninggal karena kecelakaan dan meninggal akan tenang, ketika dilakukan tari Musyoh.

Selain itu, tari Musyoh ini juga digunakan untuk tarian penyambutan tamu atau sebagai wujud ucapan tari selamat datang. Tari ini ditampilkan dengan gerakan ritmis dan dinamis sebagai cerminan kegembiraan hati masyarakat suku Papua. Pertunjukan tari ini ditampilkan oleh kelompok penari pria dengan busana adat Papua dengan menggunakan properti seperti tameng dan juga tombak.

 

Gerakan tari Musyoh ini identik dengan gerakan lincah dan energik seperti gerakan tombak dan tameng dan tarian ini juga diiringi dengan nada dan teriakan yang khas dalam tari Musyoh.

 

Ayo siapa diantara kalian yang sudah tahu akan tarian ini atau siapa diantara kalian yang sudah pernah menarikan tarian ini. Sobat Revmen betapa sangat kaya dan indah keragaman budaya Indonesia. Ayo sobat kita sama-sama bergotong-royong dan bersatu untuk melestarikan dan menjaga budaya yang kita miliki.

#Ayoberubah

#IndonesiaBersatu