BOSAN SAAT DIRUMAH,
YUK COBA MAINKAN PERMAINAN TRADISONAL BERSAMA KELUARGA
  • 50
  • 0
  • 0
  • 0

Sudah hampir empat pekan kita melakukan segala aktivitas seperti belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah. Bahkan dengan situasi saat ini kita tidak bisa bermain dengan teman-teman. Mimin paham banget nih bagaimana perasaan kalian. Pasti kalian ingin segera untuk bisa bermain bersama teman-teman ya.

 

Namun, ada sisi positif yang dapat kalian ambil dari merebaknya wabah COVID-19 ini sobat. Yap, berkumpul dan bermain bersama keluarga menjadi hal yang sangat berharga dan dapat mengusir rasa bosan  sobat. Untuk mengobati rasa bosan kalian saat berada dirumah, mimin mau kasih beberapa jenis permainan tradisonal yang dapat kalian mainkan bersama keluarga nih sobat.

 

Yuk, langsung aja kita intip beberapa permainan tradisonal yang dapat kalian lakukan bersama keluarga dan manfaatnya.

 

1.     Congklak atau Dakon

 

Congklak dimainkan dengan cara memberikan satu per satu biji ke dalam setiap lubang. Setelah membaginya secara rata, pemain harus menyimpannya di sebuah lubang yang lebih besar. Setelahnya, biji yang tersimpan di lubang besar itu mesti dibagi ke lubang di sisi pemain lain satu per satu tanpa mengisi lubang yang lebih besar miliknya sendiri.

Dalam permainan tradisional ini banyak manfaat yang bisa sobat ambil seperti; melatih untuk memberanikan diri bersikap sportif, berbuat jujur dan ahli strategi biar tidak berhenti di lubang kosong karena kalau berhenti di lubang kosong kita akan mati. Selain itu,  ketika kita menjalankan biji demi bijinya ternyata terkandung bahwa kita dituntut untuk terus beraktivitas di setiap harinya supaya kita berbagi (sedekah) terhadap lingkungan kita ataupun bersedekah juga kepada lawan (musuh). Tak lupa juga mengajari kita untuk menabung di lubang besar. Kalau permainan congklak ini mimin sering banget mainin sobat. Kalian pernah ga memainkan permainan ini?

2.     Lompat tali dan kesulitan hidup di dunia

Permainan tradisional ini biasanya dilakukan oleh anak perempuan. Namun tidak jarang banyak anak laki-laki pun ikut bermain untuk menunjukkan seberapa hebat mereka. Mungkin jika dilihat, lompat tali ini adalah permainan yang sepele. Namun ternyata ada nilai yang terkandung di dalamnya yang tidak sesimpel itu. Kita pasti ingat saat bermain lompat tali, semakin kita bisa melompati suatu level, tentunya akan ada tingkatan yang lebih sulit yang menanti.

Dari  tinggi tali gelang yang hanya 10 cm dari tanah, bisa sampai satu meter. Ini juga gambaran dari kehidupan seseorang, semakin hari, rintangan hidup akan semakin sulit, dan kita harus berusaha untuk menyelesaikannya. Seperti saat bermain tali gelang, ketika kita berhasil menyelesaikan semua itu, pemain harus berkata “Merdeka”. Begitu pula hidup, ketika semua rintangan terlewati, kita telah sampai pada kebebasan dan keberhasilan.

3.      Bekel

 

Bekel merupakan permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari karet. Ukuran bola bervariasi, dari yang kecil hingga agak besar. Warna dan motifnya juga biasanya beragam. Selain menggunakan bola, bekel juga menggunakan enam buah biji berbentuk khusus sobat. Selain itu, permainan bola bekel memiliki beberapa Manfaat sobat, seperti: Meningkatkan daya pikir anak, Melatih anak untuk terampil dan cekatan, dan Meningkatkan ketelitian.

 

4.      Petak Umpet.

 

Siapa diantara sobat Revmen yang suka memainkan permaian ini, kalau mimin hobi nih melakukan permainan ini. Yap ini dia, Petak umpet permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional untuk anak-anak yang sangat populer. Untuk dapat memainkan permainan ini dibutuhkan minimal dua orang, namun semakin banyak pemain, akan semakin seru. Nah, kebayangkan kalau permainan petak umpet ini kalian lakukan bersama dengan keluarga kalian dirumah pasti seru banget ya.

 

Permainan ini diawali dengan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan menjadi penjaga benteng. Si penjaga ini nantinya akan menutup mata menghadap ke benteng sambil menghitung, bisa sampai 10, 20, atau tergantung kesepakatan. Sementara itu pemain yang lain segera mencari tempat persembunyian. Banyak  Manfaat bermain petak umpet yang dapat kita ambil sobat, seperti; Melatih kemampuan dalam menghitung. Dengan bermainan petak umpet anak jadi pandai berhitung karena dalam permainan ini penjaga benteng akan berhitung sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan, Mengasah ketelitian dan kepekaan, dan Meningkatkan kesabaran dan daya ingat.




Setelah baca artikel mimin Sobat Revmen tertarik untuk melakukan permainan tradisional bersama keluarga? Pasti seru banget tuh, bisa bermain bersama keluarga untuk mengusir rasa bosan selama berada dirumah. Selain itu dengan kita bermain permainan tradisional kita juga turut menjaga dan melestaraikan budaya kita untuk generasi yang akan datang sobat.

 

Yuk, kita dirumah aja sobat dengan bermain permainan tradisional.

#DirumahAJA

#Indonesiabersatumelawancorona

#Ayoberubah