BELAJAR DARI RUMAH ? SIAPA TAKUT..
  • 50
  • 0
  • 0
  • 0

Hai sobat Revmen, siapa yang saat ini sudah melakukan aktivitas belajar dari rumah?. Sepertinya hampir semua sobat revmen sudah belajar dari rumah ya, karena belajar dari rumah merupakan sebuah himbuan yang telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Yap, terkait belajar dari rumah ini sesuai dengan  Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan COVID-19 pada Satuan Pendidikan, dan Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19), serta Surat Edaran dan petunjuk dari Kepala Daerah, dan Rektor masing-masing Universitas.

Namun sobat Revmen, bagaimana nih menanggapi imbauan untuk melakukan aktivitas belajar dari rumah. Rasa kangen ingin jumpa dengan teman-teman dan guru pastinya ada ya. Apa lagi melakukan diskusi dengan teman-teman. Hem mimin sih udah kebayang bagaimana rasa kangen kalian dengan suasana sekolah. Eits sobat Revmen, tapi tenang dulu sobat, mimin mau kasih kalian beberapa trik agar belajar dirumah bisa lebih menyengkan dan tidak membosankan sobat. Yuk intip triknya dari mimin yang selalu merindukan kalian..

1.     Atur Jadwal Belajar

Sebagai pelajar, kewajiban belajar tetap harus dipenuhi karena berada di rumah bukan berarti sedang berlibur. Buatlah jadwal belajar layaknya sekolah seperti hari biasa.

2.     Gunakan Aplikasi Belajar

Untuk mempermudah kegiatan beajar dari rumah, bisa menggunakan aplikasi belajar online yang saat ini banyak tersedia di toko aplikasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), layanan belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia. Selain itu, juga ada Ruangguru yang membuka program sekolah online gratis setiap hari dimulai sejak Senin, 16 Maret 2020, lalu ada  zenius, Google: Google Suite for Education, Microsoft: Office 365 for Education, Quipper School, Sekolahmu, dan Kelas Pintar. Jadi selama belajar di rumah tidak ada alasan untuk malas belajar ya sobat.

 

 

3. Nikmati Hiburan

Usai memenuhi kewajiban belajar secara online, tidak ada salahnya jika sobat Revmen menikmati hiburan dengan streaming musik ataupun streaming video. Mimin tau pasti bagian inikan yang paling kalian suka..

4. Tetap Terhubung dengan Teman

Berada di rumah, bukan berarti tidak bisa terhubung dan berkomunikasi dengan teman-teman sekolah. Saat ini, banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk bisa berkomunikasi. Kalian tetap bisa berkirim pesan atau pun melakukan panggilan baik suara maupun video untuk berbincang dengan teman. Media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk saling berbagi kabar.

5. Pastikan Kouta Internet Tersedia

ini tidak kalah penting sobat, jika kouta internet tidak ada maka dunia bagaikan gelap gulita. Karena mimin tau banget di era jaman now seperti sekarang tanpa kouta kita tidak dapat mengakses aplikasi untuk belajar.

6. Sempatkan Untuk Olahraga

Wah, ko olahraga min, memang sepertinya bagaimana gitu ya. Namun tanpa kalian sadari dengan olahraga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan  masalah, meningkatkan rentang penelitian, pikiran lebih fresh, dan mengurasi stress depresi serta rasa cemas. Bagaimana sobat tertarik untuk olahraga, Cuma tetap perlu di ingat ya olahraga yang ringan saja yang dapat dilakukan di rumah.

Setelah mimin kasih trik agar belajar dirumah menyenangkan, mimin berharap agar sobat Revmen semua tetap semangat belajarnya ya. Mimin ada sedikit pantun untuk sobat Revmen di simak ya.

Tinggi badan amat semampai,


petani pergi mengambil talas.


Rajin belajar pangkal pandai,


semangat terus jangan malas.

 

#Ayoberubah

#Indonesiabersatumelawancorona