Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Yuk, Tertib Naik Transportasi Umum dengan Terapkan Etika di Bawah Ini!

Etika transportasi umum seperti antre, jaga kebersihan, memberikan kursi prioritas, dan jaga kenyamanan bersama wujud tertib di ruang publik
  • 30 April 2021
  • 0 Komentar

Yuk, Tertib Naik Transportasi Umum dengan Terapkan Etika di Bawah Ini!

Etika bertransportasi umum di bawah ini penting untuk diterapkan demi mewujudkan budaya tertib di ruang publik dengan saling menghargai dan menjaga kenyamanan antar penumpang.

 

Jakarta (18/04/2021) Sobat Revmen, berpergian dengan transportasi umum banyak manfaatnya, lho! Selain lebih hemat dibandingkan membawa kendaraan pribadi, dengan naik transportasi umum pun mendukung gaya hidup go green yang dapat menurunkan emisi kendaraan bermotor. Fasilitas transportasi umum pun kini telah mengalami perkembangan dan semakin nyaman, yang membuat pengguna transportasi publik kian bertambah jumlahnya. Sayangnya, kemajuan sarana transportasi umum ini tidak diiringi dengan kesadaran masyarakat yang belum sepenuhnya terbangun mengenai etika saat berada dalam transportasi publik. Oleh karenanya, yuk sobat Revmen kita simak beberapa etika tertib di ruang publik, khususnya ketika naik transportasi umum!

 

Pertama, antre . Budaya mengantre dengan tertib sering kali masih diabaikan masyarakat Indonesia, termasuk ketika menaiki transportasi umum. Para penumpang angkutan umum seakan berebut ingin mendapatkan tempat duduk dengan sehingga saling serobot dan melupakan budaya antre, terlebih ketika jam-jam sibuk. Padahal mengantre mencerminkan sikap dan kepribadian seseorang, lho! Oleh karenanya, antre lah dengan tertib di belakang baris antrian yang telah ada dan jangan menyela ataupun membuat barisan baru tanpa adanya instruksi dari petugas. Hindari berdiri menunggu di muka pintu yang justru dapat menghalangi penumpang yang hendak turun. Sebaliknya, berikan jalan dan kesempatan bagi penumpang yang keluar terlebih dahulu. Dengan mendahulukan penumpang yang keluar terlebih dahulu maka akan cepat naik juga bukan, sobat Revmen?

 

Kedua, jaga kebersihan. Beberapa transportasi umum memberlakukan aturan tidak diperkenankan makan dan minum selama berada dalam kendaraan. Karena selain dikhawatirkan akan mengotori kendaraan, bau menyengat makanan pun dapat mengganggu penumpang lain. Meski di beberapa transportasi publik lainnya diperbolehkan, sebaiknya hindari kebiasaan tersebut jika memang tidak terlalu diperlukan ya, sobat Revmen! Bila memang terpaksa, jangan lupa untuk memastikan tidak ada sampah yang tertinggal dan buanglah sampah sisa makanan atau minuman ketika tiba di tujuan. Selain itu, jaga kebersihan bersama dengan tidak mengotori atau merusak fasilitas yang tersedia seperti kursi, tirai, dan lainnya.