Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Ubud Terpilih Jadi Kota Terbaik di Asia

ubud, GIBersatu
  • 12 Agustus 2022
  • 0 Komentar

Ubud Terpilih Jadi Kota Terbaik di Asia

Majalah pariwisata Amerika Serikat Travel+Leisure menobatkan Ubud, Bali, sebagai Kota Terbaik di Asia tahun 2022.

Jakarta (12/08/2022), Travel+Leisure mencatat Ubud memiliki skor 91,73 dari 100, tertinggi dibanding kota-kota destinasi wisata lainnya di seluruh Asia.  Ubud juga dinilai unggul di skala global, hingga masuk ke peringkat ketiga teratas sedunia. Penilaian ini disusun dari hasil survei terhadap pembaca majalah Travel+Leisure yang dilakukan secara online selama periode Oktober 2021-Februari 2022.

Dikutip dari katadata.co.id, responden diminta memberi penilaian terhadap kota-kota destinasi wisata dunia dari segi kualitas pemandangan, kebudayaan, masakan, keramahan, pusat perbelanjaaan, serta nilai secara keseluruhan. Adapun Ubud menjadi juara di kawasan Asia karena dinilai memiliki perpaduan kebudayaan, keindahan alam, dan fasilitas yang memuaskan.

"Ubud adalah tujuan yang unik, terutama ketika Anda mencari sesuatu dengan sudut pandang kehidupan yang sehat. Kota ini juga memiliki budaya yang sangat kaya, dengan pengalaman belanja yang luar biasa," kata salah satu responden, dikutip dari Travel+Leisure.

Setelah Ubud ada Chiang Mai, kota di Thailand yang memperoleh skor 90,70. Diikuti Jaipur, kota di India, dan Osaka, kota di Jepang, dengan skor masing-masing 90,67 dan 90,35.

Dikutip dari Kompas.com, pada daftar 10 kota terbaik dunia 2022 ini, Meksiko memiliki perwakilan terbanyak. Yakni dengan tiga kota. Salah satunya menduduki peringkat pertama, yaitu Kota Oaxaca. Kota di barat daya Meksiko ini menjadi favorit pembaca di seluruh dunia, khususnya soal tujuan gastronomi (kuliner) impian. Selain itu, pembaca juga memuji arsitektur abad ke-17 di Oaxaca, pemandangan koktail yang memikat, dan pasar kerajinan yang semarak, bersama dengan kebaikan penduduknya.

Ubud menjadi terbaik ketiga di dunia. soal penilaian kota-kota terbaik di dunia, pembaca mempertimbangkan hotel, makanan, warisan budaya, atraksi utama, protokol COVID-19, dan memberi skor. Kemudian, pendapat dikumpulkan, skor dihitung, mengurutkan data, dan akhirnya sampai pada daftar 10 kota terbaik di seluruh dunia.

Hal ini tentu menarik, karena secara administratif Ubud bukanlah sebuah kota seperti yang ada di dalam daftar tersebut. Mengingat Ubud merupakan sebuah kecamatan sekaligus desa yang secara geografis berada di Kabupaten Gianyar, Bali. Kendati begitu, telah mengungguli kota-kota besar di beberapa negara. Misalnya Osaka di Jepang serta Istanbul di Turki.

Selain pemandangan alam sawah terasering, Ubud memiliki hutan dengan pemandangan alam yang indah. Ubud juga terkenal akan seni dan budayanya. Di sini banyak terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari. Ubud mulai dikenal wisatawan barat pada tahun 1920an.

Pelukis Jerman Walter Spies dan pelukis Belanda Rudolf Bonnet menetap di sana, dibantu Tjokorda Gde Agung Sukawati dari Puri Agung Ubud. Sekarang karya mereka bisa dilihat di Museum Puri Lukisan Ubud.

Jika traveler berwisata ke Ubud, akan dengan mudah melihat pemandangan hijau, baik dari hutan maupun persawahan. Salah satu spot yang kerap dikunjungi wisatawan adalah Tegalalang berupa sawah terasering dengan sistem pertanian subak. Selain itu ada juga tempat wisata alam lainnya seperti Monkey Forest. Di sana, wisatawan dapat melihat langsung kehidupan monyet ekor panjang.

Di samping itu, suasana religius juga terasa di Ubud. Ada sejumlah pura dengan pemandangan indah yang dapat dikunjungi. Dengan suasana syahdu ini, tak ayal para turis betah di Ubud. Apalagi di masa pandemi COVID-19 di mana orang-orang butuh menghirup udara segar. *ps

Sumber : katadata.co.id dan Kompas.com diakses 12 Agustus 2022

 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: