Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Trashbag Community, Peduli Sampah Gunung Lewat Operasi Bersih “Sapu Jagad”

Trashbag Community  berinisiatif melakukan kegiatan Sapu Jagad untuk membersihkan sampah di gunung dan hutan
  • 08 Januari 2022
  • 0 Komentar

Trashbag Community, Peduli Sampah Gunung Lewat Operasi Bersih “Sapu Jagad”

Melalui operasi giat bersih sampah di gunung, Trashbag Community berupaya meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian gunung dari sampah yang dapat merusak keberlangsungan ekosistem. 


Jakarta (8/1/2021) Sobat Revmen, adakah yang hobi naik gunung? Ya, kegiatan mendaki gunung kini jadi telah jadi hobi yang banyak diminati dan tren gaya hidup. Sayangnya, jejak kegiatan mendaki gunung juga berpotensi menimbulkan masalah pencemaran bagi lingkungan. Di mana para pendaki yang tak bertanggung jawab kerap kali meninggalkan jejak sampahnya di gunung. Prihatin atas kondisi tersebut, sekelompok pemuda yang tergabung dalam Trashbag Community pun berinisiatif untuk melakukan giat aksi atau operasi bersih-bersih untuk menanggulangi permasalahan sampah di sejumlah kawasan hutan dan gunung Indonesia. Seperti apa? Yuk sobat Revmen, kita cari tahu lebih lanjut sepak terjang komunitas peduli lingkungan satu ini!


Trashbag Community merupakan komunitas (nonprofit) yang berdedikasi untuk mengurangi masalah sampah di hutan dan gunung Indonesia serta menjunjung tinggi penerapan konservasi alam. Di mana menurut komunitas yang memegang slogan “Gunung Bukan Tempat Sampah” ini, tahap konservasi alam yang paling sederhana ialah dengan membawa kembali sampah ketika turun pendakian gunung. Komunitas ini didirikan pada 2011 lalu di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat, oleh Ragil Budi Wibowo. Bersamaan dengan itu, Trashbag Community memiliki misi untuk menjadikan tanggal tersebut sebagai Hari Bersih Gunung Nasional guna mengkampanyekan gerakan menjaga lingkungan gunung dan hutan lebih masif.


Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya adalah aksi bersih gunung tahunan yang dinamai “Sapu Jagad”. Kegiatan ini diadakan secara serentak di beberapa gunung di Indonesia sebagai ajakan untuk menjaga kebersihan gunung dan hutan dalam skala yang lebih besar. Di antaranya Gunung Kerinci, Gunung Semeru, Gunung Slamet, Gunung Rinjani, Gunung Bawakaraeng, dan masih banyak lagi. Menurut Ketua Umum Trashbag Community, Ragil Budi Wibowo, sebagaimana dilansir goodnewsfromindonesia.id, gerakan bersih-bersih sampah gunung tidak saja dilakukan untuk tujuan kebersihan, melainkan sebagai bagian dari demonstrasi untuk membawa pesan kepada semua orang agar tidak membuang sampah sembarangan.