Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

TIGA NILAI PENTING SUMPAH PEMUDA BAGI MILENIAL

Seorang anggota Paskibraka sedang mencium bendera merah putih
  • 13 September 2021
  • 0 Komentar

TIGA NILAI PENTING SUMPAH PEMUDA BAGI MILENIAL

Ada tiga nilai penting yang dapat dipetik dari Sumpah Pemuda, khususnya untuk kaum remaja Indonesia saat ini, yaitu nilai persatuan, nilai patriotisme dan nilai kemandirian dan tanggung jawab.

 

Jakarta (19/08/2021) Sumpah Pemuda merupakan salah satu babakan sejarah yang penting bagi pergerakan nasional Indonesia. Melalui Sumpah Pemuda itulah rasa nasionalisme dianggap sebagai milik semua rakyat, termasuk para pemuda dan pelajar, bukan hanya miliki para politisi dan organisasi-organisasi politik.

 

Secara historis, Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober tahun 1928 telah melahirkan sebuah ikrar untuk bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu, yakni Indonesia. Pada masa ikrar tersebut diteriakkan, kolaborasi pemuda dari berbagai organisasi di seluruh Indonesia ini merupakan terobosan dalam meningkatkan nilai-nilai kebangsaan. Ada tiga nilai penting yang dapat dipetik dari Sumpah Pemuda, khususnya untuk kaum remaja Indonesia saat ini.

 

Pertama, Sumpah Pemuda telah melahirkan nilai persatuan. Para pemuda dari berbagai perhimpunan dan organisasi berkumpul dengan satu visi yang sama, tanpa terhalang oleh perbedaan suku, ras dan bahasa. Tujuan mereka hanya satu, yakni kemerdekaan Indonesia. Pada masa ini, nilai persatuan dapat diwujudkan dalam bentuk kerjasama, kolaborasi atau bergotong royong untuk meningkatkan pembangunan manusia Indonesia. Peningkatan pembangunan manusia dapat dilakukan melalui penciptaan berbagai inovasi baru dengan semangat gotong royong, menolong sesama saat pandemi dan solidaritas yang tinggi. Semua itu dilakukan secara bersama dan demi kebermanfaatan bersama.

 

Kedua, Sumpah Pemuda telah melahirkan semangat patriotisme. Ini merupakan semangat juang untuk mempersatukan bangsa dan meraih kemerdekaan. Pada masa sekarang patriotisme dapat diwjudkan melalui nilai etos kerja yang tinggi untuk berjuang mengentaskan bangsa dari kemiskinan, memperoleh kesejahteraan, dan lain-lain. Bekerja secara sungguh-sungguh jadi nilai juang yang paling sesuai di masa modern.

 

Ketiga, sumpah Pemuda telah melahirkan nilai kemandirian dan tanggung jawab. Hal ini identik dengan integritas, di mana pemuda menjadi lokomotif perubahan yang memiliki prinsip originalitas, inovatif dan penuh tanggung jawab. Tanpa integritas, mustahil Sumpah Pemuda dideklarasikan. Tanpa integritas pula mustahil para pemuda era sekarang dapat melakukan terobosan-terobosan yang signifikan. Contoh bentuk nyata dari integritas adalah tidak mencontek saat ujian, tidak menjiplak hasil karya orang lain, atau tidak mengakui hasil kerja orang lain sebagai miliknya.

 

Sobat Revmen, kini tongkat estafet kebangsaan telah berada di tangan kita. Mari bersama-sama kita berjuang dengan penuh semangat gotong royong, integritas dan dengan etos kerja yang tinggi. Di samping itu, sebagai generasi yang hidup di tengah revolusi industri 4.0, kita juga perlu meningkatkan wawasan, memperkuat karakter dan meningkatkan literasi digital. Kita tidak bisa lari dari ikrar bahwa kita adalah pemuda-pemuda yang bertanah air, berbangsa dan berbahasa yang satu, yakni Indonesia. #AyoBerubah #RevolusiMental #KeluargaIndonesia

 


Referensi:

Kompas.com. (2020). Diakses tanggal 26 Juli 2021.

Tirto.id. (2019). Diakses tanggal 26 Juli 2021.

 



Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: