Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

SUMPAH PEMUDA SEBAGAI EMBRIO PERSATUAN BANGSA

Tokoh pencetus lahirnya Sumpah Pemuda
  • 05 Juli 2021
  • 0 Komentar

SUMPAH PEMUDA SEBAGAI EMBRIO PERSATUAN BANGSA

Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu.”

 

Jakarta (…….) Pemuda adalah kekuatan yang dimiliki oleh sebuah bangsa. Jika sebuah bangsa diisi oleh pemuda-pemuda yang produktif, memiliki rasa kebangsaan dan kebanggaan yang tinggi, serta mampu beradaptasi dengan perubahan zaman, maka bangsa tersebut akan sejahtera, kuat dan damai. Di Indonesia, pemuda sudah seringkali membuktikan dirinya sebagai kelompok berpengaruh dalam setiap babak perubahan sejarah. Salah satunya adalah sejarah Sumpah Pemuda.

 

Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Namun dua tahun sebelumnya, seperti dinyatakan Sudiyo lewat buku Perhimpunan Indonesia sampai dengan Lahirnya Sumpah Pemuda (1989), telah dilakukan Kongres Pemuda I yang dimulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Tujuan Kongres Pemuda I adalah mencari jalan membina perkumpulan pemuda dengan membentuk sebuah badan sentral dengan maksud: Pertama, untuk memajukan persatuan dan kebangsaan Indonesia. Kedua, untuk menguatkan hubungan antara sesama perkumpulan pemuda kebangsaan di tanah air.

 

Kongres Pemuda I tidak memberikan hasil memuaskan. Maka dua tahun berikutnya diselenggarakan Kongres Pemuda II. Sebelum lahirnya Sumpah Pemuda, Kongres melakukan tiga kali rapat. Rapat Pertama dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 1928. Pada Rapat Pertama ini dibahas lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan dan kemauan. Rapat kemudian dilanjutkan keesok harinya, yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928. Ini merupakan Rapat Kedua yang menghasilkan rumusan bahwa anak harus mendapatkan pendidikan kebangsaan, keseimbangan pendidikan di sekolah dan di rumah, serta harus dididik secara demokratis.

 

Masih pada hari yang sama dilanjutkan Rapat Ketiga yang membahas tentang nasionalisme, demokrasi dan gerakan kepanduan. Sebelum Kongres ditutup, semua peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil Kongres. Oleh pemuda yang hadir, rumusan tersebut diucapkan sebagai sumpah setia. Sumpah tersebut berbunyi: “Pertama, Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kedua, Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”


Sumpah Pemuda telah mengajarkan kepada anak bangsa tentang nilai-nilai persatuan bangsa. Sumpah Pemuda membuktikan bahwa perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia ternyata dapat disatukan sebagai perwujudan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti “berbeda-beda tetapi tetap satu.”

 

Sri Sudarmiyatun (2012) menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda antara lain patriotisme, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, kerukunan, kerja sama, cinta damai, serta tanggung jawab. Maka, Sumpah Pemuda hendaknya bisa dijadikan sebagai inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk membawa negara ini ke arah perubahan yang lebih baik dan tidak terpecah-belah dalam pusaran konflik antar sesama anak bangsa.

 

Sobat Revmen, pemuda adalah kelompok penting bagi bangsa Indonesia. Pemuda adalah agen perubahan, aset pembangunan dan tulang punggung persatuan bangsa. Kita bisa memaknai SUmpah Pemuda dengan melakukan banyak hal dalam keseharian, seperti menggunakan bahasa Indonesia dengan baik, tidak mudah tersulut oleh provokasi atau hoaks, meningkatkan kesetiakawanan, belajar atau bekerja secara produktif, serta dibutuhkan kolaborasi antar pemuda.

 

Pemerintah menyadari arti pentingnya pemuda. Oleh karena itu, pembangunan yang berorientas kepada pemuda menjadi salah satu agenda strategis yang tercantum dalam RPJMN 2020-2024 tentang peningkatan peran pemuda dalam pembangunan. #AyoBerubah #GerakanIndonesiaBersatu

 

Referensi:

Bappenas.go.id . (2020). Diakses tanggal 1 Juni 2021.

Kompas.com . (2019). Diakses tanggal 1 Juni 2021.

Kemendikbud.go.id . (2019). Diakses tanggal 1 Juni 2021.

Tirto.id .(2019). Diakses tanggal 1 Juni 2021.


Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: