Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Spirit Ratu Shima, Berdayakan Pembatik Kulon Progo

batik, umkm, GIMandiri
  • 19 Juni 2022
  • 0 Komentar

Spirit Ratu Shima, Berdayakan Pembatik Kulon Progo

Jakarta (19/06/2022), Ratusan produk UMKM lokal melantai di Le BHV Marais, salah satu department store terbesar di Paris, Prancis.  Di ajang Java in Paris ini, salah satunya produk fesyen dan aksesori buatan pengrajin lokal, Shiroshima turut memperkenalkan produknya. Dikutip dari detik.com, pemilik Shirosima, Dian Nutri Justisia Shirokadt menceritakan awal perjalanannya bisnisnya hingga tembus sampai pasar Eropa.

Dikisahkan Dian, semua bermula saat dirinya pulang ke tanah air setelah bekerja di Singapura selama 8 tahun. Dian pun kembali ke kota kelahirannya di Yogyakarta dan tertarik untuk mempelajari batik dari kedua orang tuanya yang merupakan pengrajin batik.

"Saya ingin membawa nuansa baru dengan motif yang lebih minimalis dan model yang lebih segar. Lalu saya belajar selama dua tahun dengan ibu saya," ujar Dian. Dian lalu memulai brand Shiroshima pada Agustus 2019 dengan konsep baju batik daily wear, yang dapat dipakai oleh siapa saja tanpa memandang usia.

Dian pun berharap bahwa diboyongnya Shiroshima di Java in Paris akan turut berdampak positif terhadap pergerakan ekosistem UMKM batik di daerah. Termasuk melestarikan warisan budaya batik dan memberdayakan pembatik daerah, baik secara ekonomi maupun sosial. 

“Sebelumnya saya enggak percaya diri untuk ke Eropa karena takut produk saya tidak cocok. Tapi dengan masuknya ke Paris membuka mata saya jika produk UMKM Indonesia juga memiliki potensi besar di luar negeri,” katanya.

“Para pembatik Shiroshima itu masih satu RT/RW sama saya, jadi kami sengaja mencari orang-orang terdekat dahulu. Ada beberapa warga sekitar yang memang kehilangan pekerjaan. Ada yang dulunya pembatik dari daerah lain. Ada juga yang belum paham batik dan kami ajari sampai bisa bekerja di sini,” kata Dian seperti dikutip tribunnews.com.

Dikisahkan, dalam upaya mengembangkan bisnisnya, Dian sempat mengikuti beberapa pameran dan membuka gerai di salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta. Akan tetapi, pada tahun 2020 lalu, pandemi Covid-19 menyerang dan Dian mengaku usahanya cukup terdampak. Angka penjualan Shiroshima pun merosot tajam.

Tapi dirinya tidak menyerah dan memikirkan strategi lain untuk membuat usahanya kembali bangkit. Akhirnya, ia memutuskan untuk menutup toko dan mulai berjualan online di lokapasar seperti Shopee sampai akhirnya lolos kurasi untuk mengikuti program Java in Paris.

Shiroshima sendiri ternyata punya arti yang mendalam. Dikutip dari  urbanasia.com, Shiroshima, kata Dian, diambil dari kata Shiro dan Shima. Shiro berarti kamu dalam bahasa Jawa, sedangkan Shima diambil dari nama Ratu Shima yang merupakan ratu di Kerajaan Kalingga yang cerdas dan bijaksana. Ratu Shima membawa kemakmuran bagi rakyatnya pada saat ini memerintah.

“Kami ingin mengayomi masyarakat Indonesia, menyajikan batik. Kami menginginkan masyarakat Indonesia lebih cinta dengan batik buatan Indonesia, lebih bangga memakai batik tersebut,” harapnya.

Tak hanya batik, Shiroshima Indonesia sendiri ternyata mengangkat kain-kain khas Indonesia yang sedang tren.  “Jadi kami menginginkan kami bisa memakai banyak wastra Indonesia atau kain-kain yang sedang tren. Tapi mostly kami membawa batik, kami kombinasikan dengan lurik atau tenun wabash, terakhir ada juga organza,” imbuhnya.

Dikutip dari grebegumkmdiy.com, Shiroshima memegang prinsip di antaranya dengan pemakaian bahan organik katun linen serta penerapan pola efektif yang menekan limbah produksi. Perca-perca juga dimanfaatkan untuk membuat produk baru seperti tas, dompet, dan sebagainya.

Sebagai informasi, program Java in Paris yang diresmikan pada tanggal 8 Juni 2022 adalah hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Solo, Shopee, KBRI Paris Prancis, dan Le BHV Marais, yang bertujuan memamerkan karya anak negeri terbaik di panggung internasional. Berbagai karya anak negeri seperti fashion, kerajinan tangan, kesenian hingga produk kreatif lokal lainnya juga dipamerkan dan memikat para pembeli dan pengunjung mancanegara.     

*PS

Sumber :

Detik.com diakses 16 Juni 2022

Tribunnews.com diakses 16 Juni 2022

Urbanasia.com diakses 17 Juni 2022

Grebegumkmdiy.com diakses 17 Juni 2022

 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: