Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Simbolkan Gotong Royong, PON XX Papua Jadi Medium Rawat Persatuan

Acara kemeriahan pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX (PON ke-20) di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua
  • 07 Oktober 2021
  • 0 Komentar

Simbolkan Gotong Royong, PON XX Papua Jadi Medium Rawat Persatuan

PON XX Papua menyimbolkan semangat gotong royong segenap masyarakat dalam menyukseskan penyelenggaraan akbar tersebut, sekaligus menjadi medium merawat persatuan dalam nuansa kebangsaan.

 

Jakarta (07/10/2021) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, resmi dibuka Presiden Joko Widodo pada Sabtu (2/10) malam. Dalam pidato sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan pesta olahraga nasional empat tahunan tersebut memiliki makna yang besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. Ia menyebut sukses terselenggaranya PON XX Papua menjadi bukti persatuan dan solidaritas bangsa di tengah pandemi Covid-19 yang masih terus berlangsung.

 

“PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan. PON ini adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden Jokowi.

 

Presiden Jokowi pun mengungkapkan kebanggaannya untuk pertama kalinya PON diselenggarakan di tanah Papua. Sehingga menurutnya, PON bukan sekedar ajang sportivitas pemuda Indonesia semata, melainkan menunjukkan kesiapan infrastruktur dan kesiapan masyarakat Papua dalam mewujudkan perhelatan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional. Lewat ajang olahraga, sambungnya, dapat menjadi medium untuk merawat persatuan dan kesatuan bangsa. Di mana hal tersebut menyiratkan salah satu gerakan Revolusi Mental yakni Gerakan Indonesia Bersatu.

 

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” tutup Presiden Jokowi.

 

Menilik bagaimana segenap anak bangsa bahu membahu menyukseskan penyelenggaraan PON, menunjukkan semangat persatuan dan gotong royong yang melatarbelakanginya. Sejumlah pertandingan beregu juga pastinya mengajarkan bagaimana nilai-nilai gotong royong disemai dalam sportivitas ___ yang mana gotong royong sendiri merupakan salah satu nilai strategis Revolusi Mental, di samping integritas dan etos kerja. Oleh karenanya yuk sobat Revmen, mari rawat terus nilai gotong royong demi mewujudkan #IndonesiaBersatu! #AyoBerubah #RevolusiMental #PONXXPapua #IndonesiaMaju

 

Reporter: Melalusa Susthira K.

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: