Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Sanksi Dua Kali Lipat di Kampung Tertib Lalu Lintas

Kampung tertib lalu lintas
  • 21 Maret 2022
  • 0 Komentar

Sanksi Dua Kali Lipat di Kampung Tertib Lalu Lintas

Yang paling utama dari penerapan Kampung Tertib Lalu Lintas adalah pencegahan, edukasi, dan tata tertib. Sanksi bisa dijatuhkan dua kali lipat kalau terjadi pelanggaran lalu lintas.

 

Jakarta (21/03/2022) Sobat Revmen, desa adat Sanggulan, Banjar Anyar, Kecamatan Kediri wakil dari Polres Tabanan, Bali, masuk dalam Kampung Tertib Lalu Lintas (Lalin) tingkat nasional. Tahun lalu, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy PS. Siregar meresmikannya. Program tersebut bertujuan untuk memberikan contoh dan untuk pembelajaran budaya tertib lalu lintas.

Dikutip dari bali.tribune.co.id, Kapolres Tabanan menjelaskan, pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas ini untuk memberikan contoh dan pembelajaran kepada masyarakat Kabupaten Tabanan tentang budaya tertib lalu lintas. Menurutnya, saat ini penyumbang terbesar angka kematian di Indonesia salah satunya karena kecelakaan lalu lintas.

"Kita ketahui bersama laka lantas masih menjadi penyumbang angka kematian nomor 3 di Indonesia. Yang menjadi korban di antaranya adalah usia produktif, sehingga pendidikan dan pembelajaran budaya tertib lalu lintas dipandang perlu diberikan sedini mungkin, salah satunya dikemas dalam bentuk Kampung Tertib Lalu Lintas," jelas Kapolres Tabanan.

"Kami sangat berharap kepada masyarakat Desa Adat Sanggulan dengan terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas, dapat menjadi role model seluruh masyarakat di Tabanan membudaya tertib berlalu lintas di jalan raya," tambahnya.

Dikutip dari baliexpress.today.line.me, sanksi tilang atau bukti pelanggaran di kawasan Kampung Tertib Lalu Lintas bisa dua kali lipat. Hal ini juga ditegaskan Kapolres Tabanan. “Apabila ada pelanggaran lalu lintas, tentu kalau denda tilang dalam Kampung Tertib Lalu Lintas dua kali lipat,” ujarnya. Namun pengenaan tilang itu merupakan tindakan akhir. Yang paling utama dari penerapan Kampung Tertib Lalu Lintas adalah pencegahan, edukasi, dan tata tertib

“Paling sederhananya, bagaimana ketinggalan helm itu seperti ketinggalan ponsel. Kesadaran-kesadaran (tertib berlalu lintas) seperti itu yang mau dibentuk. Semua sepakat tidak menginginkan adanya kecelakaan, apalagi pelanggaran,” sebutnya. Disebutkan juga kalau program Kampung Tertib Lalin ini merupakan kegiatan yang bersifat nasional. Berlaku di seluruh wilayah di Indonesia.


Dikutip dari bisnisbali.com, Kampung Tertib Lalu Lintas berperan penting dalam upaya mendukung produktivitas masyarakat sekaligus akan berdampak pada kesejahteraan dan ekonomi masyarakat setempat. Dengan tertib berlalu lintas akan mampu mengurangi pelanggaran sekaligus angka kecelakaan, sehingga itu akan menopang aktivitas masyarakat dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

Hal ini diungkapkan oleh Kasi Dikpen Subdit Dikmas Dit Kamsel Korlantas  Polri AKBP Arief Bahtiar, S.I.K, M.M. Disebutkan, tujuan dari penilaian Kampung Tertib Lalu Lintas ini adalah untuk mewujudkan budaya tertib berlalu lintas, sehingga masyarakat tidak ada lagi melakukan pelanggaran lalu lintas yang mengakibatkan kecelakaan. Sebab apabila itu masih terjadi dan jika tidak ditangani secara serius, maka bisa berdampak pada produktivitas masyarakat.

“Sehingga perlu ada peran serta masyarakat untuk ikut membantu pemerintah di dalam mewujudkan budaya tertib berlalu lintas,” tuturnya. Untuk itu, ditambahkan, jangan pula melupakan kearifan lokal.  Sebab, di Indonesia ini banyak kampung-kampung yang bisa mencerminkan, bisa menampilkan bahwa masyarakat itu bisa tertib.

“Di sanalah bisa kita lihat bahwa memang peran serta masyarakat ada dan mempunyai komitmen, bahwa setiap warganya saat keluar rumah tetap mematuhi etika berlalu lintas, ”ujarnya. Dengan terwujudnya Kampung Tertib Lalu Lintas ini akan membuat warga  bisa mendapatkan pengetahuan tentang lalu lintas. Contohnya, ada  rambu, marka jalan, dan sarana dan prasarana lain. Jadi ketika saat keluar dari kampung tersebut mereka dapat pengetahuan tentang peraturan berlalu lintas.

Penilaian Kampung Tertib Berlalu Lintas ini diikuti oleh 34 Polda dan penilaian dilaksanakan selama dua tahun. Tiap kampung yang masuk menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas sudah diikat dengan kesepakatan di tingkat kecamatan.

#Ayoberubah #RevolusiMental #GITertib

 

Reporter : PS

Sumber

Baliexpress.today.line.me diakses 20 Maret 2022

Bali.Tribune.co.id diakses 20 Maret 2022

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: