Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Ruang Khusus Rokok, Demi Lingkungan yang Tertib dan Sehat Bagi Semua

Ruang khusus rokok guna ciptakan lingkungan yang nyaman, dengan memberikan hak kepada perokok sekaligus melindungi hak mereka yang bukan perokok
  • 30 April 2021
  • 0 Komentar

Ruang Khusus Rokok, Demi Lingkungan yang Tertib dan Sehat Bagi Semua

Tertib di ruang publik demi ciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua, salah satunya dapat diwujudkan dengan penggunaan ruang khusus rokok yang tepat guna.

 

Jakarta (18/04/2021) Sobat Revmen, sering kali kita menjumpai perokok aktif yang merokok di sembarang tempat. Padahal di banyak tempat umum atau fasilitas publik telah disediakan ruang-ruang khusus untuk merokok. Perilaku tidak tertib di ruang publik itu dapat merugikan orang lain dan memberi efek negatif bagi mereka yang tidak merokok, lho! Sebagai warga negara tentu kita memiliki hak yang sama, bukan? Oleh karenanya, yuk sobat Revmen kita telisik lebih jauh pentingnya para perokok tertib di satu ruangan khusus dan tidak merokok sembarangan!


Di tempat-tempat umum biasanya terdapat aturan dilarang merokok dengan penanda kawasan bebas asap rokok. Sebagai gantinya, maka telah disediakan area atau ruang khusus merokok di tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, hingga bandara. Ruang merokok difungsikan agar tak membiarkan para perokok merokok di sembarang tempat. Atau dengan kata lain, ruangan ini ditujukan untuk ‘mengurung’ asap rokok agar tak menyebar ke mereka yang bukan perokok.


Realita di lapangan, masih saja ada perokok yang tak tertib dengan merokok sembarangan. Padahal di ruang publik yang ramai orang tersebut bisa saja terdapat bayi dan anak-anak yang bisa ikut terdampak paparan asap rokok, yang tentu tak baik efeknya bagi kesehatan. Di luar negeri, seperti Jepang misalnya, hukuman tegas berupa sanksi dan denda diberikan bagi para perokok yang merokok sembarangan tidak pada tempatnya. Mengutip Detik.com, dendanya cukup menguras kocek karena mencapai 3.000 Yen atau sekitar Rp 300 ribu. Denda tak main-main tersebut diberikan karena merokok di sembarang tempat dapat membawa dampak yang cukup serius bagi kesehatan, khususnya penyakit terkait saluran pernapasan.


Merokok di ruangan ber-AC misalnya, dengan kondisi ruangan selalu dalam keadaan tertutup, asap rokok dengan kandungan berbahaya seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida tidak dapat keluar sehingga terus menerus dihirup tubuh dan dapat memicu bronkitis alergi. Melansir Alodokter.com, bahan kimia yang keluar bersama asap rokok bahkan bisa menempel di gorden, bantal, atau barang-barang lainnya di satu ruangan tertentu dan dapat mengendap hingga 3 tahun lho, sobat Revmen! Selama kurun waktu itu, maka sekalipun tidak ada yang merokok, orang yang di dalam ruangan tersebut pun tetap bisa terkena dampak buruk dari asap rokok.


Oleh karenanya, bagi mereka para perokok tentu harus bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan tanpa melanggar hak-hak orang lain, yakni dengan tertib merokok di area atau ruang khusus merokok. Dengan melakukan langkah kecil yaitu tertib merokok di ruang khusus merokok, maka secara tidak langsung telah menolong banyak orang dan wujud aksi nyata gerakan revolusi mental Indonesia Tertib. Adapun disediakannya fasilitas ruang khusus merokok sendiri menjadi bagian upaya perlindungan masyarakat yang tidak merokok dari paparan asap rokok dan zat-zat berbahaya yang terkandung di dalamnya. Yuk sobat Revmen, mari sama-sama tertib di ruang publik demi ciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua! #IndonesiaTertib


Sumber Foto:

https://makassar.tribunnews.com/2016/01/29/foto-masuk-kawasan-tanpa-rokok-bandara-sultan-hasanuddin-sediakan-ruang-merokok

 

Referensi:

Detik.com, 21/12/13

Belitung.tribunnews.com, 19/06/16

Kumparan.com, 26/04/17

Alodokter.com, 21/11/18

 

Reporter: Melalusa Susthira K.

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: