Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

REVIEW BUKU: MENUJU RUMAH MINIM SAMPAH

Cover buku "Menuju Rumah Minim Sampah" karya DK Wardhani
  • 28 September 2021
  • 0 Komentar

REVIEW BUKU: MENUJU RUMAH MINIM SAMPAH

Menurut Dini, sampah kita adalah tanggung jawab kita. Kita harus membangun kesadaran, bahwa semua yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita, termasuk dalam hal mengurangi dan mengelola sampah.

 

Jakarta (18/09/2021) Rumah tanpa sampah? Aduh, mungkin itu hal yang mustahil. Setiap hari kita memproduksi sampah yang banyak. Meski pun kita sudah membuang atau membakarnya, tidak jarang bekas bungkus makanan yang dibuang oleh si kecil ada di selipan meja, di kolong ranjang atau bahkan – dengan cerdiknya – tidak jarang si kecil menyembunyikan sampah di dalam lemari kita. Intinya sih, sampah sangat sulit hilang dari keseharian kita. Tapi untuk meminimalisirnya mungkin bisa. Tapi bagaimana caranya?

 

Jangan buru-buru bingung. Ada buku bagus yang ditulis oleh DK Wardhani. Judulnya “Menuju Rumah Minim Sampah.” Yakan, judulnya saja sudah bikin engga sabar untuk baca. Pasti di dalamnya ada tips-tips bagaimana caranya meminimalisir sampah. Yups! Bener banget.  Buku setebal 180 halaman yang diterbitkan oleh Pustaka RMA ini memang banyak memberikan tips untuk meminimalisir sampah.

 

Secara garis besar Dini, panggilan akrab DK Wardhani, menjabarkan buku yang enak dibaca ini ke dalam 5 kategori, yaitu (1) Mengenal sampah; (2) Pola konsumsi keluarga; (3) Zero waste dan pola hidup minim sampah; (4) Tips minim sampah; dan (5) Jurnal.

 

Pembahasan diawali dengan pemaparan fakta-fakta yang ada di lingkungan sekitar kita. Dini mencoba membuat kita berpikir lagi tentang sikap kita yang mungkin sering meremehkan sampah, misalnya dengan mempertanyakan kenapa sih kita harus repot-repot mikirin sampah? Ngapain sih harus belajar zero waste? Toh semua sampah-sampah kita sudah ada yang mengurus kan? Pemikiran-pemikiran semacam itu yang coba diluruskan oleh Dini. Menurut Dini, sampah kita adalah tanggung jawab kita. Kita harus membangun kesadaran, bahwa semua yang kita lakukan adalah tanggung jawab kita, termasuk dalam hal mengurangi dan mengelola sampah.

 

Kemudian Dini menjabarkan tentang sampah. Apa sih sampah? Kemana perginya sampah-sampah yang kita hasilkan? Apa dampaknya sampah-sampah itu bagi lingkungan hidup? Dini juga menguraikan tentang pola konsumsi rumah tangga. Ternyata, banyak banget sampah yang dihasilkan dari pola konsumsi keluarga. Sayangnya, sebagian sampah yang dihasilkan merupakan bahan-bahan yang sulit terurai, seperti plastik, atau diproduksi karena gaya hidup kita yang senang menggunakan prooduk sekali pakai. Dan sayangnya lagi, kita masih kurang peduli untuk memilah sampah-sampah yang kita hasilkan saat akan dibuang. Semua sampah kita masukan ke dalam satu kantong plastik besar, beres!

 

Namun senang banget ketika setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, Dini kemudian memberikan tips agar kita mulai meminimalisir produksi sampah. Misalnya tidak membeli produk sekali pakai, melainkan gunakan bahan yang lebih ramah lingkungan. Seperti kantong plastik diganti dengan tas kanvas, sedotan plastik diganti dengan sedotan stainless steel, popok sekali pakai diganti dengan popok kain, tisu diganti dengan sapu tangan, dan lain-lain. Semua bahan-bahan pengganti itu sudah bisa dipastikan akan membuat kita mengurangi sampah.

 

Terus pada bagian paling menyenangkan adalah kita diarahkan untuk mengisi jurnal. Jurnal berisi tentang kebiasaan apa saja yang sudah mulai kita ubah dalam satu bulan terkait pengurangan produksi sampah. Konsepnya, jurnal sebaiknya diisi setiap hari. Jurnal juga berisi apa saja peralatan yang kita bawa saat bepergian.

 

Sobat Revmen, buku keren dari DK Wardhani ini ingin agar kita menjadi lebih paham tentang sampah, lebih mengerti tentang dampak sampah bagi lingkungan dan ingin mengajak kita untuk lebih peduli kepada lingkungan, sebab inilah yang akan kita wariskan kepada generasi mendatang. Buku yang pas banget dengan semangat Gerakan Indonesia Bersih. Jika Sobat sudah membacanya, komen di sini ya, lalu kasih tahu kita apa saja perubahan yang sudah Sobat lakukan dalam meminimalisir sampah. Salut! #AyoBerubah #PendidikanKarakter #GerakanIndonesiaBersih #GotongRoyong #SelamatkanLingkungan

 

Referensi:

DK Wardhani. (2020). Menuju Rumah Minim Sampah. Jakarta: Pustaka RMA.

 

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: