Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

REVIEW BUKU: “KELUARGA KITA; MENCINTAI DENGAN LEBIH BAIK”

Cover buku "Keluarga Kita: Mencintai dengan Lebih Baik" karangan Najelaa Shihab
  • 13 September 2021
  • 0 Komentar

REVIEW BUKU: “KELUARGA KITA; MENCINTAI DENGAN LEBIH BAIK”

Secara umum buku ini memberikan referensi mengenai bagaimana orang tua mengenal sifat dan karakter anak, memahami emosinya sendiri, melakukan komunikasi yang efektif, dan bagaimana orang tua memberikan dukungan kepada anak.

 

Jakarta (19/08/2021) Mampu meningkatkan kualitas keluarga adalah idaman banyak orang. Membaca buku “Keluarga Kita; Mencintai dengan Lebih Baik” karangan Najelaa Shihab dapat menjadi titik awal untuk melakukan hal itu. Buku ini mudah dipahami, sehingga Sobat Revmen tidak akan mengalami kesulitan saat membacanya. Cocok dijadikan referensi bagi para orang tua yang memiliki keinginan kuat untuk memperkuat ketahanan, kualitas dan peran keluarga, sebagaimana yang dicanangkan oleh Gerakan Nasional Revolusi Mental.

 

Buku setebal 196 halaman yang diterbitkan tahun 2018 (cetakan ketiga) oleh penerbit Buah Hati ini terdiri dari 42 bab dan dibagi ke dalam tiga tema besar, yaitu tentang Hubungan Reflektif, Disiplin Positif dan Belajar Efektif. Di luar ketiga tema besar itu, terdapat bab-bab yang membahas tentang prinsip pengasuhan serta tanya jawab.

 

Pada bagian awal pembaca akan diajak untuk mengetahui mengenai 5 prinsip pengasuhan (parenting) agar dapat mencintai dengan lebih baik. Kelima prinsip itu antara lain: Pertama, pengasuhan adalah perjalanan dengan tujuan jangka panjang. Maka orang tua jangan pernah berhenti untuk belajar dan bertumbuh. Kedua, orang tua perlu belajar berpikir positif dan percaya bahwa anak mampu mencapai keberhasilannya.

 

Ketiga, tetaplah menjadi orang tua yang berbahagia, tidak hanya ketika anak mampu memenuhi syarat dari orang tua, namun juga ketika anak kalah dan salah. Keempat, jangan takut salah menjadi orang tua karena tidak ada keluarga yang sempurna. Kelima, miliki interaksi yang hangat dan sense of humor yang tinggi, karena setiap hubungan tidak hanya butuh kedekatan dan keintiman, namun juga butuh keseruan.

 

Pada bagian berikutnya, buku ini kemudian memandu pembaca untuk memahami tiga tema besar: (1) Hubungan Reflektif. Pada bagian ini pembaca diperkenalkan pada sebuah konsep bahwa anak yang berbahagia adalah anak yang tumbuh di dalam lingkungan di mana orang-orang dewasa memiliki hubungan yang baik, termasuk kepada anak. (2) Disiplin Positif. Bagian ini mengulas konsep bahwa anak yang mandiri tumbuh dari pola penerapan disiplin tanpa kekerasan, hukuman dan sokongan. (3) Belajar Efektif. Bagian ini menguraikan konsep bahwa anak yang cerdas tumbuh karena proses belajar yang menantang dan menyenangkan.

 

Jika disimpulkan, maka secara umum buku ini memberikan referensi mengenai bagaimana orang tua mengenal sifat dan karakter anak, bagaimana orang tua memahami emosinya sendiri, bagaimana orang tua melakukan komunikasi yang efektif, bagaimana orang tua memberikan dukungan kepada anak, bagaimana orang tua melakukan kesepakatan di dalam keluarga, dan bagaimana orang tua menghadapi dunia sekolah.

 

Sebagai orang tua, Sobat Revmen memerlukan referensi-referensi yang positif. Buku karangan Najelaa Shihab ini salah satunya. Di samping itu, Sobat Revmen juga perlu memahami konsep dasar pendidikan karakter, sebagaimana yang digagas oleh pemerintah melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental. Dalam pendidikan karakter, orang tua harus berusaha secara sadar dan terencana dalam melakukan pendidikan sekaligus pemberdayaan kepada anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak-anak tumbuh menjadi individu-individu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang banyak. Pilar-pilar dalam pendidikan karakter yang harus dibangun adalah akhlak yang mulia, nilai-nilai luhur, kearifan dan budi pekerti. Kesemuanya itu harus diwujudkan secara nyata di dalam keluarga. Yuk, kita tingkatkan pendidikan karakter di dalam keluarga. #AyoBerubah #RevolusiMental #KeluargaIndonesia

 

Referensi:

Najelaa Shihab. (2018). Keluarga Kita: Mencintai dengan Lebih Baik. Cetakan Ketiga. Tangerang: Buah Hati.

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: