Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

PON XX Papua Resmi Dibuka, Sarat Muatan Nilai Etos Kerja

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua
  • 07 Oktober 2021
  • 0 Komentar

PON XX Papua Resmi Dibuka, Sarat Muatan Nilai Etos Kerja

PON XX Papua menjadi ajang sportivitas pemuda Indonesia yang di dalamnya terkandung semangat etos kerja dalam bidang keolahragaan maupun kemajuan pembangunan dalam menyukseskan perhelatan akbar tersebut.  

 

Jakarta (07/10/2021) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, resmi dibuka pada Sabtu (2/10). PON yang pertama kali dihelat di tanah Papua itu, diharapkan Presiden Joko Widodo, dapat memupuk dan mengembangkan prestasi pemuda Papua lebih lanjut. Ia kemudian menyebutkan nama-nama atlet kenamaan asal Papua yang etos kerjanya dalam bidang keolahragaan kiranya dapat menjadi teladan bagi para pemuda lainnya. 

 

"Prestasi atlet Papua, seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani (atletik), Franklin Ramses Burumi (atletik), Boaz Solossa (sepak bola), harus diikuti oleh anak muda-anak muda Papua lainnya," terang Presiden Jokowi dalam pidato pembukaannya. 

 

Selain kepeloporan pemuda dalam bidang olahraga, Presiden Jokowi juga mengaku bangga terhadap etos kerja pemuda dalam bidang lainnya, seperti pentas musik, seni, dan budaya, yang ikut memeriahkan ajang pembukaan PON XX. "Lagu Cuma Saya dari M.A.C dan Jang Ganggu dari Shine of Black pasti akan diikuti oleh karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua," ujarnya. 

 

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyebut terselenggaranya PON XX dengan sukses menggambarkan kemajuan Papua. Bahkan Stadion Lukas Enembe yang menjadi venue utama berlangsungnya PON juga menjadi stadion terbaik di Asia Pasifik. Tentunya, hal tersebut menyiratkan pula nilai-nilai etos kerja yang tinggi di dalamnya. Mulai dari bagaimana menyiapakan infrastruktur di tanah Papua, maupun kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional itu sendiri. Termasuk Papua Youth Creative Hub yang baru saja diresmikan sebagai wadah menyemai semangat kewirausahaan pemuda Papua ___ yang mana hal tersebut sejalan dengan salah satu gerakan Revolusi Mental yakni Gerakan Indonesia Mandiri

 

"Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, konektivitas darat, konektivitas udara; bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini," ungkapnya. 

 

"Selain terus meningkatkan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, saya tadi pagi juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha yang sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua," sambungnya. 

 

PON XX Papua yang akan berlangsung dari 2-15 Oktober 2021 tak hanya sekedar ajang kompetisi yang sarat akan muatan nilai etos kerja dan integritas para atlet yang menjunjung kejujuran dalam berkompetisi, melainkan menjadi bukti persatuan dan solidaritas bangsa di tengah pandemi yang masih terus berlangsung. Selain itu, berbagai kegiatan juga digelar untuk memeriahkan PON XX Papua ini yang bertujuan membangkitkan semangat dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19, seperti pameran UMKM, lomba dan kompetisi berhadiah, serta sejumlah kegiatan lainnya. Sebagai generasi penerus bangsa, yuk sobat Revmen gelorakan selalu etos kerja yang menjadi salah satu nilai strategis instrumental Revolusi Mental di dalam kehidupan sehari-hari, maupun dalam berkarya di bidang yang kalian geluti demi mewujudkan #IndonesiaMaju! #AyoBerubah #RevolusiMental #PONXXPapua 

 

Reporter: Melalusa Susthira K. 

Editor: Wahyu Sujatmoko

 

 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: