Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Permainan Tradisional di Kabupaten Buleleng (#ReviewBuku)

Buku Permainan Tradisional Kabupaten Buleleng Bali baik untuk pendidikan karakter
  • 05 Juli 2021
  • 0 Komentar

Permainan Tradisional di Kabupaten Buleleng (#ReviewBuku)

Indonesia menyimpan banyak ragam permainan tradisional yang memiliki filosofi tinggi dan baik untuk pendidikan karkater. Tak terkecuali permainan tradisional yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali, yang berusaha disingkap buku ini baik lewat permainan tradisional untuk anak-anak maupun dewasa.

Jakarta (31/05/2021) Sobat Revmen siapa yang saat ini masih suka bermain permainan tradisional? Atau justru bih asyik bermain dengan gawai? Meski permainan tradisional agaknya kian hari sudah semakin ditinggalkan akibat gempuran modernisasi. Namun, permainan tradisional yang kental dengan muatan kearifan lokal baik untuk pembentukan karakter, lho! Dengan keragaman budayanya yang kaya, Indonesia menyimpan pula permainan tradisional yang melimpah dari berbagai daerah. Tak terkecuali permainan rakyat dan olahraga tradisional yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Yuk sobat Revmen, kita cari tau lebih jauh!

Melalui buku yang berjudul “Permainan Tradisional Kabupaten Buleleng“ yang diterbitkan oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko) PMK dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, kita dapat mempelajari ragam permainan tradisional yang ada di Kabupaten Buleleng beserta manfaat positif dan pesan moral yang terkandung bagi pendidikan karakter. Tak hanya itu, buku ini pun memberikan informasi mengenai aturan main serta sarana dan prasarana yang perlu disiapkan dalam tiap-tiap permainan tradisional khas Buleleng sehingga dapat dipraktekan oleh siapa saja. Sobat Revmen, dapat membaca dan mengunduh langsung versi digital buku “Permainan Tradisional Kabupaten Buleleng” di sini https://revolusimental.go.id/detail-publikasi?id=30,  ya!

Di buku ini ada dua permainan tradisional dibedakan dalam dua kategori, yakni permainan tradisional untuk anak-anak dan permainan tradisional untuk dewasa. Pada kategori permainan tradisional untuk anak-anak, salah satu di antaranya ialah meong-meongan yang biasanya dilakukan di lapangan. Pada dasarnya permainan ini menggambarkan kejar-kejaran antara kucing menangkap tikus. Permainan meong-meongan ini banyak melibatkan aspek fisik yang baik untuk kesegaran jasmani, serta hiburan karena selama permainan berlangsung akan diiringi nyanyian sembari bergerak ringan dan tepuk tangan sesuai irama lagu.

Karena melibatkan banyak pemain, permainan meong-meongan juga mengajarkan nilai kebersamaan, solidaritas, dan kesetiaan. Sehingga lebih lanjut permainan meong-meongan dapat bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dan pengembangan diri, meningkatkan daya kreativitas dan menghilangkan stress, mengembangkan pola sosialisasi dan emosi anak, serta melatih motorik dan mengasah daya analisa anak. Selain meong-meongan pada kategori permainan tradisional untuk anak-anak di Kabupaten Buleleng, ada pula metempeng gandong, benteng-bentengan, engkeb-engkeban, juru pencar, hingga mejaran-jaranan yang tak kalah seru dan bermuatan positif bagi pendidikan karakter.