Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

PERINGATAN HARI DOKTER NASIONAL, PRESIDEN JOKO WIDODO: DOKTER ADALAH PEJUANG KEMANUSIAAN

Presiden Joko Widodo melakukan tinjauan ke Wisma Atlet
  • 14 November 2021
  • 0 Komentar

PERINGATAN HARI DOKTER NASIONAL, PRESIDEN JOKO WIDODO: DOKTER ADALAH PEJUANG KEMANUSIAAN

Para dokter adalah pejuang kemanusiaan. Presiden Joko Widodo berpesan agar para dokter tetap menjadi penjaga harapan, berjuang untuk kemanusiaan.

 

Jakarta (14/11/2021) Hari Dokter Nasional yang jatuh pada tanggal 24 Oktober 2021 merupakan peringatan Hari Dokter yang ke 70 tahun. Peran dokter di masa pandemi ini diakui sangat berat, namun para dokter mampu menunjukan integritas dan dedikasinya. Dalam pidatonya saat memperingati Hari Dokter Nasional, Presiden Joko Widodo memberikan penghormatan tertinggi atas peran besar mereka selama ini, terutama saat menghadapi pandemi Covid-19. Presiden menyebut dokter sebagai para pejuang kemanusiaan.

 

“Di tengah pandemi ini masyarakat melihat dan merasakan ketangguhan para dokter. Memilih jalan sebagai pejuang kemanusiaan. Mengorbankan waktu dan tenaga untuk menyelamatkan sesama. Membuat yang sakit kembali sehat., mengajak yang sehat tetap menjaga kesehatannya,” ungkap Presiden Jokowi.

 

Presiden Jokowi juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas peran serta dokter yang rela meninggalkan rumah dan keluarga demi menjalankan tanggung jawab profesinya di tengah masyarakat.

 

“Terima kasih atas semua pengabdian yang telah diberikan. Untuk semua dokter yang tergabung pada Ikatan Dokter Indonesia (IDI), selamat ulang tahun yang ke-70. Tetaplah menjadi penjaga harapan, berjuang untuk kemanusiaan,” kata Presiden Jokowi.

 

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, dalam rangka Hari Dokter Nasional, IDI berharap semua dokter di Indonesia berkomitmen pada pengabdian terhadap kemanusiaan.

 

"Diharapkan semua dokter Indonesia untuk tetap komitmen berpegang teguh pada jati dirinya sebagai pengabdi kepada kemanusiaan dan sebagai pejuang kebangsaan sejak lahirnya," ujar Daeng.

 

Tantangan saat ini, dalam pandangan Daeng, adalah banyaknya daerah terpencil yang belum mendapatkan pelayanan dokter. Menurut dia, dokter-dokter di daerah terpencil merupakan garda terdepan pelayanan kesehatan.

 

"Tindakan ini masih perlu diperhatikan baik kesejahteraannya, keamanan, dan keselamatannya," pungkas Daeng.

 

Tidak bisa dipungkiri bahwa dokter merupakan kelompok masyarakat yang memiliki peran sangat penting, karena tanggung jawabnya dalam bidang kesehatan. Peran tersebut semakin dibutuhkan ketika pandemi Covid-19 melanda. Dikutip dari situs resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), peran tenaga kesehatan masyarakat, terutama dokter sangat penting dalam penanganan Covid-19 pada setiap level intervensi. Salah satu tugasnya kepada masyarakat di masa pandemi adalah melakukan komunikasi risiko dan edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan untuk melawan Covid-19. Selain itu, dokter beserta tenaga kesehatan masyarakat lain juga bisa berinovasi dan menciptakan strategi percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, dengan fokus utama edukasi dan pemberdayaan masyarakat, lalu fokus kedua memperkuat pelayanan kesehatan itu sendiri.

 

Sobat Revmen, dokter telah menunjukan dan akan selalu menunjukan baktinya kepada bangsa. Mereka rela mengorbankan apapun, termasuk nyawanya, demi menjalankan tanggung jawab profesi. Hal ini dapat terlihat secara jelas pada masa pandemi Covid-19. Etos kerja, integritas dan semangat gotong royong yang ditunjukan para dokter dapat menjadi contoh baik agar kita dapat menjadi solusi atas permasalahan yang dihadapi bangsa. Nah, dalam rangka memperingati Hari Dokter Nasional 2021, mari kita berikan dukungan dan apresiasi kepara para dokter di seluruh tanah air, caranya adalah patuhi protokol kesehatan terkait pencegahan penularan Covid-19, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. #AyoBerubah #HariDokterNasional #GotongRoyong #Integritas #EtosKerja

 

 

Referensi:

Kemenkopmk.go.id. (2020). Diakses tanggal 27 Oktober 2021.

KompasTV. (2021). Diakses tanggal 27 Oktober 2021.

Liputan6.com. (2021). Diakses tanggal 27 Oktober 2021.

 

 

Penulis: Robby Milana

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: