Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Nol Kecelakaan di Desa Jati

GITertib, Kampung Tertib Lalu Lintas
  • 27 Maret 2022
  • 0 Komentar

Nol Kecelakaan di Desa Jati

Sejak tahun 2019,  warga Desa Jati tak ada yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas. Desa di Karanganyar, Jawa Tengah ini dinobatkan sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas.

Jakarta (27/03/2022), Sobat Revmen, pencanangan Kampung Tertib Lalu Lintas di Desa Jati, Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng) ini diyakini mampu mengeliminasi sikap kurang tertib masyarakat desa. Di sudut-sudut kampung ini terpasang slogan program kepolisian serta sarana kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas ) .

Kepatuhan berlalu lintas warga serta penataan kampungnya yang sesuai program Satlantas, menjadikan Desa Jati masuk nominasi Kampung Tertib Lalu Lintas Polda Jawa Tengah. Dan di akhir tahun 2021 lalu, Desa Jati terpilih menjadi juara utama dan mewakili Jateng ke ajang tingkat nasional.

Dikutip dari RadarSolo.Jawapos.com, keberhasilan Desa Jati menjadi Kampung Tertib Lalu Lintas, tak luput dari kegigihan kepala desa (kades)nya, Haryanto. Kades mengaku, pembentukan Kampung Tertib Lalu Lintas bermula saat ada program kerja dari jajaran Satlantas Polres Karanganyar, 2019 lalu.

Dalam program tersebut, jajaran satlantas mengampanyekan tertib berlalu lintas. Sebagai upaya menekan angka kecelakaan di tingkat desa. Kebetulan, pemerintah desa (pemdes) setempat sudah melengkapi wilayahnya dengan sarana-prasarana (sarpras) penunjang pembelajaran tertib berlalu lintas. Tak heran satlantas lantas menggandeng Desa Jati.

“Alhamdulillah setelah dibentuk sejak 2019 lalu, warga Desa Jati tidak ada yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Baik yang mengendarai sepeda motor maupun mobil. Karena sebelum berkendaraan, mereka konsisten mengecek kelengkapan kendaraan maupun surat-suratnya,”tutur Haryanto.

Setiap bepergian naik kendaraan roda dua, wajib mengenakan helm, safety riding, termasuk mengecek kelengkapan kendaraan seperti lampu utama, sein, spion, mesin, hingga sistem pengereman. “Jadi setelah berhasil meraih penghargaan itu, warga Desa Jati dipermudah mengurus SIM. Bahkan saat ujian praktik maupun tes tertulis, warga tidak harus datang ke kantor satlantas. Cukup ujian di desa sini,” imbuh Haryanto.




Satgas & Pocil

Bukti kepedulian pemdes akan keselamatan berkendara, dibuktikan dengan pembentukan satuan tugas (satgas) khusus. Melibatkan personel Perlindungan Masyarakat (linmas) dan tokoh masyarakat setempat. Bahkan di jalanan desa, sudah dilengkapi rambu-rambu lalu lintas. Harapannya bisa menjadi wadah edukasi bagi masyarakat.

Kepatuhan berlalu lintas warganya tak hanya sekadar sikap di jalan raya, namun juga diwujudkan pembelajaran siswa usia dini. Masyarakat membentuk barisan polisi kecil (pocil) yakni peserta didik sekolah yang berkostum polisi. Mereka diajarkan tertib di jalan dan di rumah.

“Hampir semua ruas jalan di Desa Jati kami pasang rambu-rambu. Baru-baru ini kami juga mendapat penghargaan dari Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko. Sebagai salah satu kampung yang menolak penggunaan knalpot brong,” jelasnya. Sebagai catatan, di Karanganyar sendiri, sedikitnya ada 739 pelanggaran knalpot yang tidak sesuai standar (knalpot brong) di awal Januari 2022.

Ketua Tim Penilai Lomba Kampung Tertib Berlalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kompol Sukendra mengatakan, rasa sungkan dan malu melanggar lalu lintas merupakan modal penting menciptakan Kamseltibcarlantas.

"Dengan mengajak masyarakat ikut menyukseskan kamseltibcarlantas mulai dari diri sendiri lalu keluarga dan lingkungan, terbukti berhasil mencegah kecelakaan lalu lintas. Minimal di kampungnya sendiri," katanya seperti dikutip Gatra.com.

Dalam penilaiannya, ia melihat lebih dekat sarana ujian SIM C di halaman rumah kepala desa. Pemohon SIM C dapat meniti lajur delapan dan zigzag di sana. Kemudian sarana perpustakaan umum berisi koleksi bacaan tentang berlalu lintas. Tersedia pula pos pantau, monument lakalantas dan tim linmas siaga 24 jam.

#Ayoberubah #RevolusiMental #GerakanIndonesiaTertib

Reporter :PS

Sumber

Jawapos.com diakses 26 Maret 2022

Gatra.com diakses 26 Maret 2022

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: