Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Mewujudkan Cita-Cita Bangsa, Provinsi Bengkulu Lakukan Penguatan Gugus Tugas Revolusi Mental

Kegiatan Diskusi Gerakan Indonesia Mandiri
  • 30 November 2020
  • 0 Komentar

Mewujudkan Cita-Cita Bangsa, Provinsi Bengkulu Lakukan Penguatan Gugus Tugas Revolusi Mental

Bengkulu (24/11) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Bengkulu menyelenggarakan acara “Penguatan Gugus Tugas Revolusi Mental Provinsi Bengkulu” bagi anggota Gugus Tugas Daerah Provinsi Bengkulu tahun 2020. Revolusi Mental ini memiliki makna penting sebagai salah satu pendekatan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Dengan penguatan Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di daerah, diharapkan dapat mendorong perubahan di masyarakat.

Penguatan Gugus Tugas ini dihadiri oleh anggota Gugus Tugas Daerah serta perwakilan komponen masyarakat dilaksanakan di Hotel Mercure, Bengkulu, Selasa (24/11/2020). Gugus Tugas Daerah yang telah mengikuti penguatan diharapkan dapat menjadi motor penggerak dalam aksi nyata dan capaian program Revolusi Mental. Kegiatan yang di inisiasi oleh pemerintah Provinsi Bengkulu ini bekerjasama dengan Kemenko PMK dan Kemendagri, di buka secara resmi Plt. Asisten Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Sosial, Supran, SH., MH. mewakili Plt. Gubernur Bengkulu.

Dalam sambutan Plt. Gubernur yang dibacakan oleh Supran, SH., MH, meminta tim Gugus Tugas Revolusi Mental Provinsi Bengkulu agar melaksanakan secara optimal sehingga mampu menumbuhkan inisiatif bergotong royong, agar dapat merubah kondisi bangsa lebih baik dan maju khususnya di Provinsi Bengkulu. “Kegiatan aktivasi penguatan Gugus Tugas Daerah GNRM ini menjadi penting sebagai upaya untuk melibatkan seluruh tim GNRM dan Komponen masyarakat sebagai bentuk aksi nyata GNRM” ungkap Supran, SH., MH.

Gugus Tugas Revolusi Mental di Provinsi Bengkulu telah dibentuk sejak tahun 2018 kedepan harus bisa mendorong perubahan mental sesuai dengan target yang direncanakan oleh pemerintah pusat dan daerah. Gerakan ini diharapkan dapat meningkatan pelayanan yang semakin bersih kepada masyarakat. ”Sementara ini, Gugus Tugas hanya melibatkan unsur pemerintah, kedepan agar dapat melibatkan unsur masyarakat, tokoh agama, tokoh pendidikan, dunia usaha dan media. Sehingga, adanya GNRM dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Provinsi Bengkulu.” imbuhnya lagi.

Dalam arahan Kemendagri yang disampaikan oleh Kasubdit Karakter dan Wawasan Kebangsaan, Bangun Sitohang berharap dengan program Revolusi Mental ini mendukung perubahan mentalitas pembangunan untuk mengejar ketertinggalan dari negara maju dengan melibatkan seluruh warga masyarakat. “Program ini telah menjadi prioritas nasional, sehingga pembangunan ke depan akan menjadi lebih terarah yakni membangun kehidupan demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945” ujar Bangun Sitohang.

Menindaklajuti Instruksi Presiden No.12/2016, Kesbangpol Provinsi Bengkulu telah membentuk Gugus Tugas Daerah dan disosialisasikan ke suluruh pelosok provinsi Bengkulu. “Gerakan Nasional Revolusi Mental di Provinsi Bengkulu sudah dilaksanakan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah. Namun karena saat ini terkendala Covid-19, jadi banyak kegiatan yang tidak dapat dilaksanakan baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota” ungkap Khairil Anwar, selaku Kepala Kesbangpol Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan ini, Kemenko PMK yang diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Revolusi Mental menyampaikan bahwa adanya revitalisasi Revolusi Mental merupakan upaya pemerintah agar pelaksanaannya lebih nyata di masyarakat. “Untuk melaksanakannya, diperlukan gugus tugas daerah untuk melakukan sosiasliasi, edukasi, kemudian perencanaan pelaksanaan kegiatan GNRM yang bisa di ukur dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari” pungkas Alfredo.




*********************

Publikasi  Satker Revolusi Mental,

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

www.revolusimental.go.id

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: