Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

M. Rubby Emir Fahriza: Dirikan Platform Informasi Kerja Bagi Penyandang Disabilitas Pertama di Indonesia

Kerjabilitas.com berupaya menjembatani antara para penyandang disabilitas yang mencari pekerjaan dengan perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan bagi disabilitas.
  • 05 Juli 2021
  • 0 Komentar

M. Rubby Emir Fahriza: Dirikan Platform Informasi Kerja Bagi Penyandang Disabilitas Pertama di Indonesia

Berupaya mewujudkan Indonesia yang inklusif, Muhammad Rubby Emir Fahriza menggagas Kerjabilitas.com yang menjadi jembatan penghubung bagi penyandang disabilitas dalam memperoleh informasi kerja dengan perusahaan penyedia lowongan bagi disabilitas.

Jakarta (28/06/2021) Penyandang disabilitas dengan kebutuhan khususnya memiliki tantangan tersendiri dalam memperoleh pekerjaan, namun bukan berarti mereka tidak mampu ataupun kapabel. Sedikitnya informasi mengenai lowongan pekerjaan bagi penyandang disabilitas membuat Muhammad Rubby Emir Fahriza terdorong untuk membuat suatu terobosan. Ia pun berinovasi menciptakan situs pencarian kerja yang dikhususkan bagi para penyandang disabilitas pertama di Indonesia yaitu Kerjabilitas.com. Selain bermanfaat bagi penyandang disabilitas, lewat situs itu pun Rubby berkontribusi menggerakkan perubahan positif demi mewujudkan Indonesia yang inklusif.

Muhammad Rubby Emir Fahriza (42) memang bukanlah penyandang disabilitas, namun seringnya berinteraksi dengan para penyandang disabilitas membuatnya mendapati bahwa akses informasi terkait pekerjaan bagi mereka yang berkebutuhan khusus tersebut masih sangat minim. Terlebih stigma di masyarakat terkait kemampuan kerja penyandang disabilitas masih tinggi, sehingga mereka pun kesulitan mendapatkan pekerjaan. Dengan latar belakang tersebut, Rubby lantas membuat Kerjabilitas.com yang diluncurkan pada 2015 lalu, sebagai perusahaan rintisan atau startup yang menyediakan informasi kerja bagi penyandang disabilitas. Melalui Kerjabilitas.com yang dirintis bersama rekannya, Tety Nurhayati Sianipar, Rubby bermaksud meningkatkan kemandirian sekaligus memastikan agar hak-hak dasar penyandang disabilitas dapat terpenuhi, khususnya terkait kesempatan memperoleh pekerjaan yang layak.

Kerjabilitas.com berupaya menjembatani antara para penyandang disabilitas yang mencari pekerjaan dengan perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan bagi disabilitas. Di mana, Rubby bersama tim Kerjabilitas.com akan mengkurasi lowongan kerja yang beredar sekiranya bisa dikerjakan oleh penyandang disabilitas. Kemudian ia akan menghubungi perusahaan tersebut dan melakukan persuasi guna meyakinkan bahwa difabel dapat bekerja sesuai kriteria pekerjaan tersebut. Bila perusahaan bersedia dan telah mendapat kepastian lingkungan kerjanya mendukung difabel untuk bekerja, maka Kerjabilitas akan membantu untuk mempromosikan lowongan tersebut di Kerjabilitas.com tanpa dipungut biaya.

Tak hanya itu, Rubby bersama tim Kerjabilitas.com juga akan melakukan pelatihan bagi difabel agar siap bersaing di dunia kerja, baik daring maupun luring. Mulai dari, cara membuat CV, konsultasi karier, mempersiapkan diri menghadapi wawancara kerja, hingga pelatihan menyangkut kesiapan berkarier dan pengembangan diri lainnya. Setali tiga uang, Ruby juga akan memberikan konsultasi dan pelatihan bagi perusahaan agar dapat berinteraksi dengan pekerja disabilitas ketika masuk kerja. Termasuk menjalin kerjasama dan memberi edukasi kepada perusahaan untuk memperbesar kriteria tenaga kerja inklusinya. Tim kerjabilitas juga akan memonitor para pencari kerja yang telah diterima guna mencari tahu bagaimana proses dan kiat-kiatnya agar bisa lolos untuk dibagikan kepada para calon pekerja disabilitas lainnya.

Mengutip Kompas.com, dari tahun 2015 hingga 2016 penyandang disabilitas pencari kerja yang mendaftar pekerjaan melalui Kerjabilitas.com sudah mencapai 4.000 orang lebih dari seluruh Indonesia yang banyak berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Adapun perusahaan mitra Kerjabilitas.com yang menyediakan pekerjaan bagi difabel ada sekitar 500 perusahaan, mulai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), instansi, lembaga, organisasi hingga Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Terobosan Rubby dalam merintis Kerjabilitas.com tersebut pun membawanya menjadi satu dari delapan startup yang masuk program Google Launchpad Accelerator pada 2016 di Amerika Serikat (AS).

Kerjabilitas.com yang digagas Rubby tersebut kiranya mampu menjadi wadah penghubung terkait ketenagakerjaan inklusi, di mana kesempatan bekerja di perusahaan formal sendiri diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. Berdasarkan Pasal 53 UU tersebut, perusahaan wajib mempekerjakan difabel paling sedikit 1% dari jumlah pegawai, BUMN atau instansi pemerintah 2% dari jumlah pegawai. Lebih lanjut, keberadaan Kerjabilitas.com kiranya juga menjadi wujud nyata Revolusi Mental, yang berupaya memfasilitasi sekaligus mengelevasi Etos Kerja penyandang disabilitas sekaligus menjadi pusat-pusat perubahan Revolusi Mental melalui persamaan yang berbasis inklusivitas.

Inovasi Rubby dalam menghadirkan platform pencarian kerja bagi penyandang disabilitas tersebut kiranya dapat menjadi inspirasi pemuda Indonesia lainnya untuk mampu menggerakkan perubahan positif di tengah masyarakat dalam berbagai bidang lainnya. Mari bersama-sama mewujudkan Indonesia Maju yang inklusif ___ yang ramah dan tak diskriminatif bagi penyandang disabilitas. #AyoBerubah

 

Sumber Foto:

https://mediaindonesia.com/humaniora/168622/hidup-bersama-difabel-sejak-kecil.html

 

Referensi:

Mediaindonesia.com, 28/06/18

Mediaindonesia.com, 10/01/21

Money.kompas.com, 03/09/16

Tagar.id, 28/10/20

Kompas.id, 23/04/21

 

Reporter: Melalusa Susthira K.

Editor: Harod Novandi

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: