Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Kolaborasi Bersama Brand dan Artisan Lokal, PON XX Papua Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Kaos merchandise PON XX Papua 2021 yang merupakan hasil kolaborasi sejumlah brand dan artisan lokal
  • 09 November 2021
  • 0 Komentar

Kolaborasi Bersama Brand dan Artisan Lokal, PON XX Papua Bangkitkan Ekonomi Kreatif

Lewat program PONDEMI Kolaborasi, PON XX Papua 2021 menjadi medium yang mendorong ekonomi kreatif bangkit dengan menggaet brand maupun artisan lokal dalam memproduksi berbagai macam merchandise.

 

Jakarta (09/11/2021) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 tak hanya menjadi medium unjuk prestasi dan tali perekat persatuan atlet berbakat dari berbagai daerah di Indonesia. Melainkan mampu mendorong pula ekonomi kreatif lewat berbagai produk lokal yang digandeng untuk menggarap merchandise resmi PON XX Papua dalam program PONDEMI Kolaborasi. Selain menjadi sebuah movement bagi penggiat ekonomi kreatif agar terus menelurkan ide dan inovasi, program kolaborasi tersebut juga sekaligus berupaya menumbuhkan budaya konsumen cinta produk dalam negeri lho, sobat Revmen!

Dalam rangka meningkatkan hype masyarakat bahwa PON dilaksanakan di tengah pandemi, PON XX Papua berkolaborasi dengan 9 merek lokal dan 12 artisan Indonesia yang dikemas dalam program PONDEMI untuk penggarapan merchandise resmi. Kolaborasi ini dinilai menjadi sarana yang tepat untuk mengenalkan dan memasarkan produk kolaborasi kepada masyarakat Indonesia melalui pertukaran komunitas yang telah terbina dengan baik. Sembilan merek lokal dan nasional yang berpartisipasi membuat koleksi merchandise yaitu Exodos, Dominate, Urbain, Brodeer, Biabom, Club Bike Bike, Papuan Culture, Exotis Papua, dan Noken Clothing. Sementara, 12 artisan Indonesia yang ikut dalam kolaborasi ini di antaranya, @aryamularama, @cycrowd, dan @semproelart.

Kolaborasi merek dan para artisan lokal ini di antaranya menghasilkan merchandise kaos 36 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam pesta olahraga nasional tersebut. Desain yang menarik dan kekinian tersebut hadir dalam pilihan kaos berwarna hitam dan putih. Seperti Noken Clothing dan Arya Mularama yang berkolaborasi menghadirkan merchandise kaos desain khusus cabang olahraga Aerosport dengan gaya dan style artisan. Ada pula Dominate dan Exodos yang mengangkat kearifan lokal Papua yakni kain Melle Taba, yang biasa digunakan sebagai sistem pembayaran adat dan diproduksi oleh UMKM pengrajin asal Sorong (Suku MOI). Kain tenun tradisional Papua tersebut juga muncul dalam merchandise sweater yang dibuat oleh merek Dominate.

Mengutip Antara, founder Noken Clothing, Paris Asa Bumbungan, mengatakan PON XX Papua menjadi momen tepat untuk menyampaikan bahwa Papua mempunyai brand lokal yang bisa bersaing tidak hanya di dalam negeri tapi bahkan di ajang internasional. Ia mengaku senang bahwa produk fesyen hasil kolaborasinya dapat berpartisipasi pada ajang PON XX Papua kali ini. Sehingga, tidak hanya brand-nya dapat dikenal oleh masyarakat luas, namun juga meningkatkan omset penjual karena produknya dipasarkan secara nasional. Sementara itu, Pelaksana Tugas Koordinator Bidang Pemasaran Panitia Besar PON XX Papua 2021, Karsudi, menyampaikan harapannya kolaborasi akan mendorong para talenta muda dan UMKM Papua terus tumbuh dan berkembang lebih maju serta mendapatan manfaat dari pelaksanaan PON ke-20 ini.

Nah bagi sobat Revmen, yang penasaran dan ingin membeli merchandise eksklusif hasil kolaborasi ini dapat mengunjungi langsung Store PON Papua XX di market place Tokopedia, ya! Program PONDEMI oleh Panitia Besar PON XX Papua 2021 yang memberdayakan komunitas, UMKM, hingga merek maupun artisan lokal dan nasional ini sendiri didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta bekerja sama dengan Papua Muda Inspiratif. Oleh karenanya, program PONDEMI Kolaborasi yang berupaya meningkatkan semangat etos kerja maupun kewirausahaan tersebut juga menjadi wujud aksi nyata dari  salah satu gerakan Revolusi Mental yakni Gerakan Indonesia Mandiri. Yuk sobat Revmen, mari sama-sama kita dukung ekonomi kreatif Indonesia maju dengan bangga dan cintai terus produk-produk dalam negeri! #AyoBerubah #RevolusiMental #GerakanIndonesiaMandiri #EtosKerja #Kewirausahaan

 

Sumber Foto:

https://www.instagram.com/customcollaboration_id/

 

Referensi:

Pondemi.ponxx2020papua.com. (2021). Diakses tanggal 12 September 2021.

Antaranews.com. (2021). Diakses tanggal 12 September 2021.

Liputan6.com. (2021). Diakses tanggal 12 September 2021.

Fimela.com. (2021). Diakses tanggal 12 September 2021.

Indonesia.go.id. (2021). Diakses tanggal 12 September 2021. 

 

Reporter: Melalusa Susthira K.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: