Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Keren! Limbah Bulu Ayam Disulap Menjadi Pengganti Plastik

Inovasi pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai pengganti plastik
  • 15 September 2021
  • 0 Komentar

Keren! Limbah Bulu Ayam Disulap Menjadi Pengganti Plastik

Aladin Eko Purkuncoro menciptakan inovasi pemanfaatan limbah bulu ayam sebagai alternatif pengganti plastik, yang mampu mengolah limbah menjadi barang bernilai guna dan ekonomi sekaligus mendukung kelestarian lingkungan.

 

Jakarta (07/09/2021) Sobat Revmen, tak dapat dipungkiri plastik yang sejatinya terbuat dari minyak bumi hingga kini masih menjadi masalah utama dari pencemaran lingkungan. Bersamaan dengan gaya hidup “go green” yang semakin gencar digalakkan, lahir pula beragam inovasi produk pengganti plastik guna yang ramah lingkungan. Berangkat atas kesadaran menipisnya bahan baku energi fosil tersebut, di Malang, Jawa Timur, hadir inovasi alternatif pengganti plastik dengan memanfaatkan limbah bulu ayam, lho! Seperti apa? Yuk sobat Revmen, kita simak terobosan inovatif berikut ini!

 

Sebagai salah satu jenis plastik yang paling sulit untuk didaur ulang, material plastik berjenis Polyvinyl Chloride (PVC) paling banyak digunakan untuk bahan bangunan, otomotif, alat-alat kesehatan, hingga barang-barang rumah tangga lainnya. Ialah Aladin Eko Purkuncoro, pria yang berprofesi sebagai Dosen Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang itu berhasil menciptakan alternatif PVC atau komposit pengganti plastik dengan memanfaatkan limbah bulu ayam. Di mana, di kota maupun kabupaten Malang sendiri banyak ditemui sentra peternak ayam, sehingga keberadaan bulu unggas pun melimpah dan sangat mudah untuk ditemui.