Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Gotong Royong Beri Makan Hewan di Ruang Publik Kian Marak

Bali Animal Welfare Association (BAWA) membagikan makanan untuk anjing jalanan di Bali
  • 27 November 2021
  • 0 Komentar

Gotong Royong Beri Makan Hewan di Ruang Publik Kian Marak

Kegiatan memberi makan hewan di jalanan atau street feeding merupakan contoh praktik baik dari gotong royong sebagai salah satu nilai strategis instrumental Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) dalam bidang kesejahteraan hewan.

 

Jakarta (27/11/201) Gotong royong merupakan akar budaya sekaligus jati diri bangsa Indonesia. Semangat berbagi tersebut ternyata tak hanya terejawantah kepada sesama manusia saja, melainkan kepada sesama makhluk hidup lainnya yakni hewan atau binatang. Hal tersebut tampak dari kegiatan kesukarelawanan membagikan makanan gratis kepada hewan di jalanan atau street feeding yang belakangan ini kian bertumbuh di berbagai daerah. Gerakan ini berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesejahteraan hewan-hewan di jalanan yang terlantar dan kerap kali tak terurus. Seperti apa? Yuk sobat Revmen, kita cari tahu lebih lanjut tentang kegiatan street feeding berikut ini!

 

Kegiatan street feeding biasa dilakukan oleh para pecinta binatang, baik individu maupun komunitas. Adapun hewan yang disasar untuk diberikan makanan ialah yang sering ditemui terlantar di jalanan atau ruang publik yaitu anjing dan kucing. Kucing atau anjing liar tersebut biasanya mencari makanan secara sembarangan dan kerap dijumpai dalam kondisi yang kurang baik. Biasanya pegiat street feeding akan membawa pakan hewan berupa dry food ataupun wet food kemanapun pergi untuk dibagikan ketika menemui anjing atau kucing liar di jalan atau ruang publik lainnya. Berikut adalah dua kegiatan street feeding yang berada di dua daerah berbeda dengan fokus yang berbeda pula, yaitu:

 

Streetfeeding.yk

Gerakan street feeding yang berbasis di Yogyakarta ini dicetuskan oleh Faiz Muflih bersama tiga orang temannya pada Mei 2021 lalu. Gerakan yang di media sosial dinamakan @streetfeeding.yk ini menyediakan makanan gratis untuk kucing-kucing liar setiap hari Jumat tiap pekannya. Siapa pun bisa mengambil makanan kucing berjenis dry food yang ditaruh di wadah botol itu untuk dibagikan ke kucing-kucing yang ditemui di jalanan. Selain itu, para pencinta kucing bisa pula membawa botol sendiri untuk mengisi ulang makanan kucing di lapak Streetfeeding.yk yang digelar di Alun-Alun Kidul, Yogyakarta.