Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Gaungkan Gerakan Ayo Berkoperasi dengan Aksi Tanam 5 Juta Mangrove

GIMandiri, GNRM, AyoBerkoperasi, penanaman pohon
  • 14 Juli 2022
  • 0 Komentar

Gaungkan Gerakan Ayo Berkoperasi dengan Aksi Tanam 5 Juta Mangrove

Kemenko PMK mengapresiasi langkah Kinarya Coop mensinergikan gerakan Ayo Berkoperasi yang digagas Kemenko PMK dengan Aksi Nyata penanaman 5 juta pohon mangrove.

Jakarta (14/07/2022), Aksi nyata penanaman 5 juta mangrove ini dibingkai dengan Program Terintegrasi 1Ticket1Mangrove : Penanaman 5 Juta Pohon Mangrove melalui Nonton Bareng Film Impian 1000 Pulau. Penanaman 5 Juta Mangrove ini juga merupakan dukungan terhadap gerakan Penanaman Sepuluh Juta Pohon sebagai Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Nota Kesepakatan Program Terintegrasi 1Ticket1Mangrove ini bertepatan dengan Hari Koperasi, Selasa (12/7) ditandatangani oleh Kinarya Coop dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin).

Deputi Bidang Revolusi Mental, Pemajuan Budaya, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi mengapresiasi program ini terlebih dilaksanakan bertepatan dengan Hari Koperasi, 12 Juli 2022.

“Dengan kegiatan ini, semoga koperasi Indonesia semakin maju. Semoga hal ini menjadikan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia yang berdaulat dan berkelanjutan. Ini mendukung gerakan Ayo Berkoperasi, lebih-lebih program nonton bareng yang diintegrasikan dengan aksi nyata penanaman 5 juta pohon mangrove. Ini merupakan program yang luar biasa untuk memotivasi kecintaan terhadap alam, bumi, dan negeri,” urainya.

Apresiasi juga diberikan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudi Salahuddin. Diharapkan, kegiatan ini tidak menjadi gerakan seremonial belaka, tetapi akan betul-betul menjadi gerakan yang bisa mendorong masyarakat Indonesia lebih aktif untuk berkoperasi.

 “Juga soal penanaman mangrove, tingkat kerusakan hutan mangrove kita sebesar 3,5 juta ha. Untuk itu, melalui gerakan koperasi yang diintegrasikan dengan aksi nyata untuk rehabilitasi hutan mangrove ini sangat baik sekali,” tutur Rudi Salahuddin.

Sementara itu, Wakil Ketum Kadin Bidang LHK Oscar Unggul berharap gerakan penanaman mangrove ini bisa terus terawat dan mendatangkan manfaat bagi lingkungan dan masyarakat luas. “Kadin berkepentingan untuk membuat mangrove ini ditanam dan dirawat. Lokasinya didiskusikan dengan pemerintan KLHK,” ujar Oscar.

Pentingnya melibatkan para generasi muda sebagai kelompok yang akan mewarisi dan mengawal Indonesia ke masa depan melalui gotong royong dengan berkoperasi menjadi perhatian penting Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP), Rima Agristina.

 “Terlebih program ini menjadi suatu fondasi yang memberikan ruang untuk berkarya sesuai talenta. Kinarya menjadi ruang dalam membantu anak-anak untuk mewujudkan impinannya, yang dilandaskan pada 17 tujuan SDGs, serta sejalan dengan pengamalan nilai Pancasila dan Revolusi Mental,” urainya.

Kinarya Coop sendiri merupakan koperasi jasa serba usaha multipihak yang digagas oleh pelajar dan mahasiswa dengan unit bisnis terintegrasi pada bidang film dan entertainment, pariwisata, agribisnis, dan pengolahan sampah modern dengan penerapan sistem inkubasi dan memberikan peluang magang dan beasiswa luar negeri.

Kinarya Coop bersinergi dengan mitra stakeholder terkait, salah satunya Kadin Indonesia, mengusungkan program terintegrasi #1tiket1mangrove dimana setiap orang dapat berpartisipasi untuk menonton bareng film Impian 1000 Pulau, sehingga nantinya program ini diharapkan dapat mencapai rekor 5 (lima) juta penonton yang akan ditayangkan pada berbagai platform selama Bulan Pancasila, yakni mulai tanggal 17 Juni 2022.

Ivonny Zakaria, Ketua Koperasi Kinarya Coop menyebut program ini disinergikan dengan gerakan koperasi multipihak dengan target penanaman 5 juta mangrove untuk 5 juta anggota koperasi digital multipihak.  “Kami mendukung gerakan ayo berkoperasi yang digagas oleh Kemenko PMK. Program ini sekaligus sebagai wacana transformasi sistem koperasi menuju visi Indonesia mandiri,” tutur Ivonny

“Program ini juga berkaitan dengan pentingnya membumikan nilai Pancasila dan nilai-nilai dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yakni  etos kerja, gotong-royong, dan integritas pada anak muda,” tuturnya seraya menerangkan bahwa dalam film Impian 1000 Pulau itu terdapat scene kegiatan penamanan 8.000 mangrove yang dilakukan di lokasi syuting, di Kepulauan Seribu. “Hal ini menjadi wujud branding gerakan penanaman dalam film dan dampak untuk Indonesia melalui sistem yang kita bangun, yaitu berbasis koperasi,” pungkasnya. *ps

“AyoBerkoperasi #AyoBerubah #GerakanIndonesiaMandiri

 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: