Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Galakkan Jamban di Tiap Rumah, Kepala Desan Ini Sukses Merevolusi Mental Warganya

Madri Pani mantan kepada Desa Gurimbang, Kalimantan Timur, yang canangkan program jamban keluarga
  • 08 Januari 2022
  • 0 Komentar

Galakkan Jamban di Tiap Rumah, Kepala Desan Ini Sukses Merevolusi Mental Warganya

Lewat program jamban keluarga yang diinisiasinya, Madri Pani merevolusi mental warga desanya yang kerap buang hajat sembarangan menjadi lebih peduli terhadap kesehatan maupun kebersihan lingkungan, yang sejalan dengan Gerakan Indonesia Bersih. 


Jakarta (8/1/2021) Kemajuan dan kesejahteraan sebuah desa kerap dilihat dari peningkatan perekonomian dan pemberdayaan warganya. Namun aspek kesehatan juga memiliki peran vital sebagai modal untuk mengawali kesejahteraan warga di sebuah desa. Adalah Madri Pani, sosok yang sempat menjabat sebagai Kepala Desa Gurimbang, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, itu berhasil melakukan revolusi mental pada warganya. Hal tersebut dilakukannya dengan mengubah kebiasaan warga desanya yang sebelumnya tidak memiliki jamban ___ yang menimbulkan permasalahan baik bagi lingkungan maupun kesehatan. 


Pada tahun 2015, kala menjabat sebagai Kepala Desa Gurimbang, Kecamatan Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Madri Pani mendapat penghargaan sebagai kepala desa teladan. Setali tiga uang, Desa Gurimbang yang dipimpinnya juga sukses menjuarai lomba desa tingkat nasional tahun 2015. Hal tersebut lantaran keberhasilan Madri mengajak warga di desanya untuk hidup lebih sehat melalui program jamban keluarga yang diinisiasinya. 


Sebelumnya, warga desanya yang tinggal di rumah-rumah panggung di atas rawa terbiasa buang hajat tanpa adanya sistem pembuangan atau jamban. Mereka memiliki kebiasaan buang hajat di rumah dengan membuka lantai dapur dari papan kayu yang telah dilubangi berukuran sekitar 50 cm x 20 cm. Akibatnya selain menimbulkan bau, kotoran yang mengendap di bawah rumah tersebut dikhawatirkan pula berpotensi menyebarkan virus penyebab penyakit. Selain di rumah, warga pun kerap membuang hajat di jamban yang dibangun di tepian sungai. 


Kebiasaan pola perilaku inilah yang diubah Madri selaku kepala desa agar warganya memiliki pola hidup yang lebih bersih dan sehat dalam hal sanitasi. Hal tersebut diawali dengan sosialisasi dan membongkar jamban ‘helikopter’ di tepian sungai yang dipakai warga secara turun-temurun. Ia lalu membangun jamban-jamban di rumah warga Desa Gurimbang yang mencapai 321 kepala keluarga dan 1.206 jiwa. Madri yang merupakan pendatang di Desa Gurimbang itupun bahkan sempat mendapatkan perdebatan dari warga dan dianggap gila karena ‘memaksa’ warga agar memiliki jamban di rumahnya dan mengurus hal ihwal kotoran saja.


Keterbatasan anggaran untuk merealisasikan program jamban keluarga disiasati Madri dengan menggandeng perusahaan swasta untuk menyalurkan bantuan melalui program corporate social responsibility (CSR). Dalam satu tahun, Madri setidaknya membangun 20 hingga 30 buah jamban di tiap-tiap rumah warga. Akhirnya dalam waktu tiga tahun, program yang digagas Madri pun berbuah hasil dan kini semua rumah warga di desa yang dipimpinnya telah memiliki jamban.  


Di samping program jamban keluarga, Madri juga berhasil menginisiasi program pengolahan limbah hewan ternak di desanya dengan mendirikan rumah kompos. Selain untuk membersihkan lingkungan, rumah kompos yang dibangun Madri juga berupaya menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan perekonomian warganya. Di mana hasil pengolahan limbah organik menjadi pupuk kompos itu cukup berkualitas, diminati pasar, dan membawa peningkatan hasil tani yang signifikan. Di samping berkat adanya rumah kompos, perkebunan warga di Desa Gurimbang juga menjadi lebih baik dengan pemanfaatan dana dari badan usaha milik desa (BUMDes), sehingga dapat merubah dan mengefektifkan rantai distribusi hasil panen.


Usaha Madri Pani menyejahterakan desanya yang diawali dengan meningkatkan kesehatan warganya terlebih dahulu kiranya menjadi wujud aksi nyata dari Revolusi Mental. Melalui program jamban sehat yang digalakannya, Madri Pani mampu mengubah cara pandang, pikiran, sikap, dan perilaku masyarakatnya yang sebelumnya kerap buang hajat sembarangan menjadi lebih peduli terhadap kesehatan maupun kebersihan lingkungan ___ di mana hal tersebut sejalan dengan salah satu gerakan Revolusi Mental yakni Gerakan Indonesia Bersih.  Meneladani inisiatif yang dilakukan oleh Madri Pani, yuk sobat Revmen kita jadi agent of change yang mampu membawa perubahan positif bagi kemajuan desa maupun Indonesia yang lebih baik! #AyoBerubah #RevolusiMental #GerakanIndonesiaBersih


Sumber Foto:

https://video.medcom.id/kick-andy/eN4XB1rN-kepala-desa-ini-dianggap-gila-karena-mengurus-jamban


Referensi:

Tribunnews.com. (2021). Diakses tanggal 14 Desember 2021. 

Okezone.com. (2021). Diakses tanggal 14 Desember 2021. 

Mediaindonesia.com. (2021). Diakses tanggal 14 Desember 2021. 

Tempo.co. (2021). Diakses tanggal 14 Desember 2021. 

Kompas.com. (2021). Diakses tanggal 14 Desember 2021. 

Raharjo, Muhamad Mu’iz. 2020. Kepemimpinan Kepala Desa. Jakarta: Bumi Aksara. 


Reporter: Melalusa Susthira K. 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: