Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

CARYS CARE, LEMBAGA PEDULI ANAK DISABILITAS INDONESIA

Carys Mihardja bersama anak dengan down syndrome
  • 28 Juli 2021
  • 0 Komentar

CARYS CARE, LEMBAGA PEDULI ANAK DISABILITAS INDONESIA

Pada tahun 2018 Carys Mihardja mendirikan Carys Care sebagai wadah untuk membantu anak-anak Indonesia yang mengidap down syndrome. Ini adalah cara yang dilakukan Carys untuk memberikan pelayanan kepada sesama.

 

Jakarta (01/07/2021) Melayani masyarakat bukan hanya tugas pemerintah, melainkan tugas kita bersama. Sebagai bagian dari bangsa, kita sudah memiliki nilai-nilai yang dijadikan pegangan hidup, yaitu nilai gotong royong dan nilai kepedulian terhadap sesama. Kedua nilai ini ditegaskan dalam Pancasila dan dijamin oleh Undang-Undang. Melalui perkembangan teknologi komunikasi dan internet, tidak jarang kita melihat aksi yang dilakukan masyarakat dalam rangka melakukan pelayanan terhadap sesama. Sebagai contoh terdapat komunitas yang menyediakan perpustakaan gratis di kolong-kolong flyover, komunitas yang menyediakan pengobatan gratis di pasar-pasar tradisional, atau komunitas yang memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah untuk meningkatkan kualitas usaha mereka.

 

Bagi negara atau pemerintah, pelayanan kepada publik bersifat wajib. Namun bagi masyarakat, pelayanan kepada sesama bersifat sukarela. Jika muncul kewajiban, hal itu terjadi karena adanya dorongan dari dalam diri setiap individu yang sangat besar. Carys Mihardja merupakan salah satu anak bangsa yang memiliki dorongan besar itu. Yuk, Sobat Revmen kita mengenal sosok Carys Mihardja.

 

Carys Mihardja adalah remaja yang sejak berusia 16 tahun sudah melakukan aksi nyata dalam menunjukan kepeduliannya. Pada tahun 2018 Carys mendirikan Carys Care sebagai wadah untuk membantu anak-anak Indonesia yang mengidap down syndrome. Salah satu program Carys Care ialah menggali kreativitas dan bakat dari anak-anak maupun remaja penyandang down syndrome, kemudian diaplikasikan dalam bentuk merchandise atau barang-barang fungsional, seperti lukisan, tas, masker, dan lain-lain. Merchandise itu nantinya dijual dan hasilnya akan diberikan sebagai donasi ke Persatuan Orang Tua Anak Down Syndorme (POTADS).

 

Pada awal memulai Carys Care, Carys Mihardja tidak memiliki sponsor. Semua modal dia mulai dari tabungannya sendiri dan dibantu oleh pemberian orang tuanya. Namun Carys tidak jerih. Motivasinya untuk bisa memberikan pelayanan kepada anak-anak dengan down syndrome membimbing Carys untuk maju terus. Tidak lama, Carys menerima tawaran kerjasama dari beberapa pihak, salah satunya adalah Alleira Batik, yang akan membantunya untuk memproduksi kerajinan yang dihasilkan oleh anak-anak down syndrome.

 

Atas kiprahnya, Carys Mihardja menerima penghargaan APEC BEST (Asia Pacific Economic Cooperation’s Business Efficiency and Success Target) Award 2020 di kategori istimewa untuk social impact in society. Dan menariknya, Carys menjadi kontestan termuda dari Indonesia yang mengikuti dan meraih penghargaan tahunan dari APEC tersebut.



 

Sobat Revmen, banyak contoh bahwa kepedulian yang diwujudkan dalam bentuk melayani sesama ternyata membuahkan hasil manis, baik untuk diri si pelaku maupun untuk orang-orang yang dilayani. Di luar masih banyak banyak masyarakat Indonesia yang membutuhkan perhatian dan kepedulian kita. Mari sisihkan sedikit diri kita untuk menjadi pelayan-pelayan publik. #AyoBerubah #GerakanIndonesiaMelayani

 


Referensi:

Herworld.co.id. (2021). Diakses tanggal 12 Juni 2021.

Mediaindonesia.com. (2021). Diakses tanggal 12 Juni 2021.

  

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu SujatMoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: