Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Bulk Store, Ajak Masyarakat Berbelanja dengan Bijak Tanpa Kemasan dan Sesuai Kebutuhan

Bulk store atau toko kelontong tanpa kemasan dengan sistem curah menjadi solusi alternatif dalam mengatasi permasalahan sampah sekaligus mengedukasi masyarakat untuk bijak dalam berbelanja sebagai konsumen
  • 28 September 2021
  • 0 Komentar

Bulk Store, Ajak Masyarakat Berbelanja dengan Bijak Tanpa Kemasan dan Sesuai Kebutuhan

Dengan konsep tanpa kemasan plastik sekali pakai dan sistem curah, bulk store menjadi tempat belanja alternatif memenuhi kebutuhan dasar yang berkontribusi mengatasi permasalahan lingkungan terkait sampah.

 

Jakarta (07/09/2021) Sampah plastik masih menjadi masalah utama lingkungan hidup hingga saat ini. Di mana timbulan sampah plastik salah satunya banyak berasal dari sampah rumah tangga melalui kemasan produk sehari-hari yang biasa digunakan, mulai dari sabun, sampo, detergen, dan lain sebagainya. Toko kelontong tanpa kemasan dengan sistem curah atau yang dikenal dengan bulk store pun belakangan ini kian menjamur di beberapa kota besar di Indonesia, yang menghadirkan solusi alternatif atas permasalahan lingkungan tersebut. Seperti apa? Yuk sobat Revmen, kita cari tahu lebih lanjut mengenai apa itu bulk store!

 

Selaras dengan gaya hidup bebas sampah (zero waste), bulk store menjadi salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan sampah plastik yang semakin mencemari lingkungan saat ini. Sejatinya, bulk store atau yang juga dikenal dengan pack free store adalah toko kelontong dengan sistem curah yang menjajakan beragam produk kebutuhan rumah tangga, bahan baku makanan, hingga perawatan personal, di mana produknya tidak dijual dalam kemasan plastik sekali pakai. Beragam kebutuhan dasar mulai dari rempah, bumbu dapur, sabun, sampo, deterjen, tepung, minyak, hingga kopi dapat ditemui di bulk store.

 

Selain tanpa kemasan plastik sekali pakai, produk-produk yang dijual di bulk store pun biasanya berasal dari bahan-bahan alami dan hasil produksi rumahan (home made) sehingga jauh dari bahan-bahan kimia berbahaya yang ramah lingkungan dan sehat bagi tubuh. Biasanya produk-produk diletakkan dalam stoples-stoples kaca, dan yang bersifat cair diletakkan dalam dispenser kaca sehingga pengunjung dapat langsung mengambilnya sendiri sesuai kebutuhan. Hal lainnya yang membuat bulk store spesial ialah menjual beragam produk alternatif penunjang gaya hidup ramah lingkungan, seperti sedotan besi dan peralatan makan yang dapat dipakai berulang kali, alat pengompos sampah (komposter), sikat gigi bambu, cawan menstruasi (menstrual cup), dan masih banyak lagi.