Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Ayo Garuda Muda, Aku Haus Gol Kamu!

timnas u-19, pemuda
  • 01 Juli 2022
  • 0 Komentar

Ayo Garuda Muda, Aku Haus Gol Kamu!

Oleh Anwar Hudijono

Posisi sebagai tuan rumah turnamen sepakbola Piala AFF U-19, wajar kalau Timnas Indonesia dituntut juara. Bisa mengulang sukses skuad Garuda Muda yang menyabet juara ketika menjadi tuan rumah tahun 2013. Ayo Garuda Muda publik Tanah Air haus gol-gol kamu.

Piala AFF U-19 menurut rencana akan digelar di Stadion Madya Jakarta dan Stadion Patriot Candrabaga Bekasi, 2 – 15 Juli 2022. Turnamen yang diikuti negara kawasan Asia Tenggara ini diikuti 11 tim. Kali ini tidak mengundang negara di luar kawasan seperti Australia, Iran, Jepang yang pernah berpartisiasi.

Ke-11 tim dibagi dalam 2 grup. Indonesia ada di grup A yang disebut grup neraka. Pasalnya di sini ada juara 5 kali Thailand, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam dan Filipina. Grup B terdiri dari Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja, Singapura. Menggunakan sistem setengah kompetisi. Dua tim urutan satu dan dua masing-masing grup berhak ke semifinal dengan sistem silang.

Indonesia menjadi juara tahun 2013 ketika timnas diasuh pelatih bertangan dingin Indra Syafri. Saat itu Indonesia memiliki pemain hebat seperti Evans Dimas Darmono, Maldini Pali, Ravi Murdianto dan kawan-kawan.

Sejak itu tak pernah mengukir prestasi juara. Sehingga saat ini publik benar-benar menunggu pelatih Sin Tae-yong mengukir prestasi juara mengukang sukses Indra Sjafri. Karena saat ini posisinya sama-sama sebagai tuan rumah.

Gengsinya lagi,  prestasi Indonesia kalah cemerlang dibanding banyak negara Asia Tenggara yang lain. Misalnya, Thailand menjadi juara 5 kali, Myanmar 2 kali. Malaysia dan Vietnam masing-masing satu kali.

Selain motivasi sebagai tuan rumah, untuk mendongkrak spirit bertanding pasukan Sin Tae-Yong adalah bisa dipromosikan masuk skuad Timnas U-20 yang akan terjun di Piala Dunia U-20 tahun 2023 yang akan digelar di Indonesia.

Jika bisa meraih juara, Rabbani Tasnim, Ricky Pratama, Alfriyanto Nico, Ronaldo Kwateh harus diberi kesempatan untuk ikut seleksi Timnas U-20. Di sinilah pembuktian pembinaan berjenjang berkesinambungan.

Yang pasti publik Tanah Air kini menunggu pembuktian mereka. “Aku haus gol-gol kamu”. Bisa!!

*Anwar Hudijono, wartawan senior

 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: