Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

ALFFY REV: MUDA, PRODUKTIF, NASIONALIS

Alffy Rev dalam video klip lagu nasional "Tanah Air"
  • 28 September 2021
  • 0 Komentar

ALFFY REV: MUDA, PRODUKTIF, NASIONALIS

Selama ini ada anggapan bahwa menyampaikan nilai-nilai nasionalisme dapat menghambat kebebasan kreativitas dan tidak bisa diterima oleh kalangan luas, khususnya masyarakat dari luar Indonesia. Namun anggapan tersebut tidak terbukti. Alffy Rev justru menunjukan sebaliknya.

 

Jakarta (20/09/2021) Sulit untuk tidak memberikan komentar “keren” ketika menyaksikan video-video kreatif garapan Awwalur Rizqi Al-Firori, atau yang biasa dikenal dengan panggilan Alffy Rev. Beberapa karyanya bukan saja telah mendapatkan penonton (viewer) yang sangat besar, melainkan juga sudah membuat kagum masyarakat dari negara lain. Ini juga menjadi kesempatan bagi Alffy untuk mempromosikan Indonesia ke tengah dunia dengan cara yang jauh lebih bisa diterima.

 

Channel Youtube Alffy saat ini telah memiliki pelanggan sebanyak 1,63 juta orang. Namun penontonnya berjumlah lebih dari itu. Contohnya video berjudul Wonderland Indonesia telah ditonton oleh 5,7 juta orang dari berbagai negara, Epic Medley of Indonesian Culture telah ditonton oleh 3,5 juta orang, Beautiful We Are telah ditonton oleh 4 juta orang, Senja dan Pagi telah ditonton oleh 10 juta orang, Lagu Nasional Ibu Pertiwi telah ditonton oleh 7,8 juta orang, atau Lagu Nasional Tanah Air telah ditonton oleh 25 juta orang.

 

Jika Sobat Revmen menonton video-video Alffy, maka kita akan memiliki kesimpulan yang sama, bahwa Alffy adalah sosok muda yang produktif, kreatif dan nasionalis. Alffy gemar mengawinkan electronic dance music (EDM) dengan musik tradisional. Dia juga senang menampilkan potongan-potongan kebudayaan dan alam Indonesia. Melalui karyanya, Indonesia bukan hanya menjadi lebih dikenal, melainkan juga menjadi lebih dimengerti.

 

Selama ini ada anggapan bahwa menyampaikan nilai-nilai nasionalisme dapat menghambat kebebasan kreativitas dan tidak bisa diterima oleh kalangan luas, khususnya masyarakat dari luar Indonesia. Namun anggapan tersebut tidak terbukti. Alffy justru menunjukan sebaliknya, di mana gagasan kreatif justru dilahirkan dari nilai nasionalisme dan karyanya disukai oleh banyak kalangan, baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Dari sekian banyak video Alffy Rev, mari kita simak satu video sebagai bahan pemikiran bahwa kreativitas dan nasionalisme bukanlah dua posisi yang berlawanan. Kita ambil video berjudul Wonderland Indonesia. Video ini dimulai dengan tampilan visual berupa keindahan alam bawah laut Indonesia yang diiringi dengan backsound potongan lagu Bagimu Negeri ciptaan Kusbini. Video kemudian secara berturut-turut menampilkan visualisasi keindahan alam dan budaya Indonesia yang dipresentasikan secara sinematik. Sebagai pengiring, lagu tradisional dimunculkan dan dikawinkan dengan nuansa musik EDM. Musik EDM tidak lepas dari karya Alffy sebagai simbol bahwa karyanya adalah karya anak muda yang kekinian. Menariknya, Alffy juga memasukan narasi dalam bahasa Inggris untuk memperkenalkan Indonesia. Pemilihan narasi dalam bahasa Inggris tentu memiliki tujuan agar storytelling di dalam video dimengerti oleh banyak orang di dunia. Alffy di sini bukan hanya kreatif, produktif dan nasionalis, melainkan juga promotif. Dia ingin menunjukan kebanggaannya sebagai orang Indonesia melalui karya.

 

Silahkan Sobat Revmen buka Youtube, lalu masukan keyword seperti “Alffy Rev Wonderland Indonesia reaction.” Maka Sobat akan melihat banyak pemberi reaksi terhadap video Alffy dari dalam dan luar negeri. Reaksi mereka tentu beragam. Namun “wow factor” hampir selalu muncul. Ada yang bereaksi woow saat mendengar musikalitas Alffy, ada yang bereaksi woow saat melihat visualisasinya, ada yang bereaksi woow saat melihat keindahan alam Indonesia, budaya Indonesia dan pesan-pesan yang disampaikan oleh Alffy. Beberapa orang bahkan bereaksi tidak percaya, “Inikah Indonesia? Negara yang sangat indah!” Dan mohon diingat, reaksi demikian muncul karena karya yang dipresentasikan oleh Alffy, seorang pemuda kelahiran Mojokerto yang masih berusia 26 tahun.

 

Sobat Revmen, teknologi digital dan internet telah memungkinkan kita untuk mengasah, meningkatkan dan mempromosikan kreativitas kepada dunia. Alffy telah membuktikan hal tersebut. Melalui channel Youtube yang dikelolanya, Alffy bukan hanya telah berhasil menunjukan bahwa pemuda Indonesia adalah sosok-sosok yang super kreatif, melainkan juga sosok yang bangga pada negerinya. Sobat Revmen tentu memiliki gagasan-gagasan segar untuk melakukan hal yang sama. Maka mulailah sekarang juga. Jadilah kaum muda yang produktif, kreatif dan nasionalis. Jika Sobat melakukannya, maka Sobat telah melakukan perubahan ke arah yang lebih baik yang sejalan dengan semangat revolusi mental, yakni semangat untuk melakukan perubahan menuju bangsa yang lebih maju berdasarkan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong. #AyoBerubah #RevolusiMental #GerakanIndonesiaMandiri

 

 

Referensi:

AlffyRev Channel. (2021). Diakses tanggal 22 Agustus 2021.

Kompas.com. (2021). Diakses tanggal 22 Agustus 2021.

Pikiran-rakyat.com. (2021). Diakses tanggal 22 Agustus 2021.

 

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: