Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

“AKANG KENDANG” CARA UNIK TEGUR PELANGGAR LALU LINTAS

Seorang pengendara ditegur ATCS Kota Bandung
  • 31 Mei 2021
  • 0 Komentar

“AKANG KENDANG” CARA UNIK TEGUR PELANGGAR LALU LINTAS

Mensosialisasikan peraturan tidak selalu dilakukan dengan cara kaku dan menakutkan. Cara-cara unik yang dapat membangun perhatian, ketertarikan dan kesadaran juga dapat ditempuh. Hal ini yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) di beberapa Kota di Indonesia, seperti Bandung dan Medan.

 

Jakarta (27/05/2021) Berbagai cara dilakukan oleh Dishub dan Kepolisian Republik Indonesia untuk mengatur para pengendara agar tetap tertib berlalu lintas. Hal ini dilakukan agar para pengguna jalan tetap aman dalam berkendara. Bukan hanya menggunakan cara yang tegas, cara-cara yang unik pun ditempuh agar masyarakat memperhatikan. Di media sosial, cara unik yang dilakukan Dishub Kota Bandung sudah populer di tengah masyarakat pengguna internet (netizen). Di bawah hashtag #ATCSParodi, cara unik Dishub Kota Bandung sudah beberapa kali viral. Caranya adalah memantau pengendara melalui CCTV di ruang operator, kemudian petugas ATCS memberikan teguran melalui pengeras suara.

 

Baru-baru ini, video peringatan dari Dishub Kota Bandung yang viral adalah ketika menegur pelanggar dengan menggunakan gimmick lagu Tik Tok milik Ayu Ting Ting “Akang Kendang” di Simpang Pahlawan Suci, Bandung, Jawa Barat. Video ini diunggah di akun Instagram ATCS Dishub Kota Bandung pada tanggal 25 Juli tahun 2020. Kemudian kembali diunggah oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di akun Instagram pribadinya pada tanggal 28 Juli 2020. Dalam video tampak ATCS DISHUB Kota Bandung menegur pengendara yang tidak mengenakan helm saat berhenti di lampu merah.

 

Pengisi suara perempuan dari ATCS menegur dengan halus, yang diikuti dengan munculnya suara gendang dan perintah agar pelanggar turun dari motor, “Selamat sore, selamat datang di Simpang Pahlawan Suci. Kami dari Dinas Perhubungan Kota Bandung menghimbau untuk kendaraan roda dua yang membawa penumpang tidak menggunakan helm, silahkan untuk digunakan helmnya. Jika tidak, ikuti arahan dari kami. Akang berkupluk kuning kalau saya bilang turun, turun ya. Akang kendang, turun, turun, turun." Sebelum suara himbauan selesai, seorang pria berjaket kuning yang ditegur segera menuruti perintah dan turun dari motor.

 

Respon dari pengguna media sosial beragam menanggapi video ini. Namun rata-rata mereka setuju bahwa cara yang dilakukan Dishub Kota Bandung itu efektif. Salah seorang netizen ada yang mengatakan, “Emang sih engga ditilang. Tapi malunya itu loh, sampe ke ubun-ubun.”  Video “Akang Kendang” yang ditayangkan di laman Youtube resmi Berita Satu hingga kini sudah ditonton sebanyak 1,4 juta kali.

 

Pada dasarnya, video “Akang Kendang” hanya salah satu dari video unik yang diunggah Dishub Kota Bandung. Sementara di laman resmi ATCS Dishub Kota Bandung terdapat 100 video dengan cara yang beragam saat menegur pelanggar lalu lintas. Selain di Bandung, cara unik juga dilakukan oleh ATCS Dishub Kota Medan, Sumatera Utara. Pengisi suara perempuan petugas ATCS yang bernama Afina Zahrina, atau yang viral dipanggil dengan nama Bulan, menegur pelanggar lalu lintas dengan suara yang mesra. Video ini ditayangkan oleh laman resmi iNews TV di Youtube dan sudah ditonton oleh 13,7 juta orang.

 

Sobat Revmen, meski terkesan lucu, namun cara yang ditempuh para petugas Dishub di atas cukup efektif. Ini memberikan kesan bahwa cara agar para pengendara tertib dan patuh pada peraturan lalu lintas tidak harus dilakukan melalui satu cara saja. Petugas dapat menggunakan beragam cara. Toh pada akhirnya, sebelum mendapatkan kepatuhan dari masyarakat, masyarakat perlu dimunculkan rasa perhatiannya terlebih dahulu. Dengan bantuan media internet, cara-cara yang unik dapat menjadi bentuk sosialisasi yang efektif. Namun demikian, daripada kita kena teguran dari petugas, sebaiknya kita tetap mematuhi peraturan lalu lintas. Mari berkendara dengan aman. #AyoBerubah #GerakanIndonesiaTertib

 

Referensi:

Liputan6.com. (2020). Available at: https://hot.liputan6.com/read/4316054/viral-peringatan-akang-kendang-bagi-pengendara-motor-di-bandung-bikin-ngakak. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

 

Beritasatu. (2020). Available at: https://www.youtube.com/watch?v=y7iYfFjm9CY. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

 

iNews. (2019). Available at: https://www.youtube.com/watch?v=hWlldtxsmhw. Diakses tanggal 20 Mei 2021.

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: