Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Tradisi "Toron" Idul Adha bagi warga Madura

Tradisi "Toron" Idul Adha bagi warga Madura
  • 10 Juli 2022
  • 0 Komentar

Tradisi "Toron" Idul Adha bagi warga Madura

"Toron" atau mudik pada Hari Raya Idul Adha merupakan tradisi bagi masyarakat Madura yang tinggal di luar Pulau Madura atau merantau.

 

Jakarta, 10/07/22 – Ternyata bagi masyarakat Indoneisa Mudik tidak hanya dikenal saat Idul Fitri saja, namun saat Idul Adha ada tradisi mudinya juga lho. Salah satunya adalah Tradisi Toron. Tradisi masyarakat Suku Madura, Provinsi Jawa Timur ini tetap bertahan hingga saat ini.

 

'Toron' dalam bahasa Madura memiliki arti turun. Bagi warga Madura yang merantau ke luar daerah, Idul Adha adalah saat turun untuk pulang ke kampung halaman.

 

Masyarakat Indonesia kaya akan sejumlah tradisi, termasuk saat merayakan Hari Raya Idul Adha. Secara umum, masyarakat Indonesia lebih mengenal mudik saat merayakan Hari Raya Idul Fitri. Ternyata, mudik di Hari Raya Idul Adha juga ada tradisinya.

 

Perantau Madura memaknai Toron sebagai cara mereka "nyambung bheleh" kembali setelah dari perantauan. Biasanya kegiatan ini dilakukan sambil membawa Terateran atau oleh-oleh yang ditujukan untuk keluarga, tetangga dan ulama.

 

Istilah Toron merupakan kebalikan dari istilah Onggha, dalam arti migrasi ke tempat lain yang dituju (emigrasi). Dengan demikian muncul istilah Toron, tidak lepas karena ada aktivitas perpindahan (Onggha) yang mendahului.

 

Bagi Suku Madura, syarat Onggha harus terjadi perpindahan ke luar pulau, sehingga jika terjadi perpindahan masih dalam kawasan pulau, maka hal itu belum dapat dikatakan Onggha

 

Orang-orang Madura yang merantau di luar Madura memaknai Idul Adha sebagai waktu bersedekah secara kultural dan tidak bisa dilepaskan sehingga tidak lupa pada asal-usulnya.

 

Dikutip dari detikJatim di Jembatan Suramadu, pengendara motor maupun mobil mengalami peningkatan volume meski tak seramai beberapa tahun sebelumnya, apalagi dibandingkan sebelum pandemi COVID-19.

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Detikjatim.com (2022). Diakses pada tanggal 5 Juli 2022. 

Pikiran-rakyat.com (2022). Diakses pada tanggal 5 Juli 2022. 

Republika.co.id (2022). Diakses pada tanggal 5 Juli 2022. 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: