Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Tetap Bugar Saat Ramadhan

Tetap Bugar Saat Ramadhan
  • 13 April 2022
  • 0 Komentar

Tetap Bugar Saat Ramadhan

Ada banyak cara untuk menjaga tubuh tetap bugar kala berpuasa. Salah satunya dengan berolahraga

 

Jakarta, 13/04/22 - Bulan Ramadan merupakan waktu di mana umat muslim diwajibkan untuk menjalani ibadah puasa dari terbit fajar hingga tenggelamnya matahari. Antara waktu tersebut, kurang lebih selama 13 jam, tubuh tidak mendapatkan suplai makanan dan minuman. 

 

Olahraga saat berpuasa justru menawarkan manfaat tersendiri salah satunya mengoptimalkan kinerja hormon dan meningkatkan sensitivitas insulin yang bisa mencegah penyakit diabetes.

 

Olahraga sebaiknya tidak dilakukan saat berpuasa karena perut dalam keadaan kosong. Waktu terbaik untuk melakukan olahraga di bulan Ramadan adalah pada saat setelah berbuka, karena setelah berbuka tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

 

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah jenis olahraga. Lakukan jenis olahraga yang biasa Anda lakukan seperti biasanya. Namun, sebaiknya lakukan jenis olahraga intensif sampai sedang, seperti berjalan, jogging, dan bersepeda. Disarankan untuk tidak mencoba intensitas olahraga yang lebih tinggi dari yang biasa Anda lakukan karena ditakutkan tubuh tidak mampu melakukannya.

 

Pastikan menu makanan saat sahur dan berbuka tetap mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh. Untuk asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari.

 

Tips terakhir agar tetap bisa olahraga saat puasa adalah perhatikan waktu tidur. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. 

 

Sobat revmen, Bulan puasa tentunya bukan alasan bagi kita tidak menjaga kondisi tubuh. Olahraga tetap bisa dilakukan agar tubuh fit dan bugar. Untuk itu ayo tetap olahraga meski sedang puasa Ramadhan. #AyoBerubah #RevolusiMental

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Hellosehat.id (2022). Diakses pada tanggal 12 April 2022.

Indonesiabaik.id (2022). Diakses pada tanggal 12 April 2022.

Kumparan.com (2022). Diakses pada tanggal 12 April 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: