Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Sejarah Perpusnas RI, Lahir Bertepatan dengan Hari Buku

Sejarah Perpusnas RI, Lahir Bertepatan dengan Hari Buku
  • 17 Mei 2022
  • 0 Komentar

Sejarah Perpusnas RI, Lahir Bertepatan dengan Hari Buku

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia didirikan tidak hanya menyediakan buku-buku saja, juga agar mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Jakarta, 17/05/22 - Indonesia memiliki banyak hari-hari penting walaupun tidak ditandai dengan tanggal merah, kamu tetap bisa merayakannya. Salah satunya, Hari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau Perpusnas RI sudah ada sejak 17 Mei 1980 dengan berdirinya Perpusnas yang sekaligus ditandai juga sebagai Hari Buku Nasional (Harbuknas).

 

Perpustakaan Nasional merupakan lembaga pemerintah non kementerian guna menjalankan tugas pemerintah di bidang perpustakaan. Perpusnas memiliki fungsi dalam pembinaan, perpustakaan deposit, perpustakaan rujukan, pusat jejaring perpustakaan, perpustakaan penelitian, dan perpustakaan pelestarian.

 

Indonesia mempunyai perpustakaan nasional yang cukup besar dan luas dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Perpusnas tersebut didirikan tidak hanya menyediakan buku-buku saja, guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Perpusnas yang kini berdiri tegak nan megah, mempunyai sejarah yang cukup panjang hingga menjadi seperti sekarang ini. Perpustakaan Nasional berdiri bertepatan dengan penetapan hari buku nasional.

 

Perpustakaan Nasional RI merupakan salah satu perwujudan dan pengembangan sistem nasional perpustakaan secara nasional dan menyeluruh. Perpustakaan ini didirikan pada 17 Mei 1980, oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu, Daoed Jusuf. 

 

Meski resmi Perpusnas berdiri pada 1980, namun keseluruhan fisik secara utuh baru lengkap pada 1981. Pada 1987 Perpusnas masih berada di lokasi terpisah yaitu di Jl. Merdeka Barat 12, Jl. Merdeka Selatan 11, dan di Jl. Imam Bonjol 1 yang kini menjadi Museum Naskah Proklamasi.

 

Kini Perpustakan Nasional RI merupakan perpustakaan bertaraf nasional dalam arti yang sesungguhnya, dimana lembaga itu melayani semua orang, tidak hanya melayani anggota atau komunitas tertentu.

 

Sebagai informasi tambahan, Perpusnas tidak hanya memiliki koleksi buku saja tetapi ada juga sejumlah fasilitas lainnya. Seperti ruang teater, layanan audiovisual, area budaya baca, data center, layanan koleksi buku langka serta menjadi kantor Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia.

 

Sobat Revmen, Dari sejarah Perpunas tersebut, Hari Ultah Perpusnas ditetapkan pada 17 Mei bertepatan dengan Hari Buku Nasional. Dengan penetapan tanggal tersebut, tentunya pemerintah berharap bisa menyadarkan penduduk Indonesia akan pentingnya ilmu pengetahuan dan peran perpustakaan. #RevolusiMental #AyoBerubah

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Cnnindonesia.com (2022). Diakses pada tanggal 17 Mei 2022.

Suara.com (2022). Diakses pada tanggal 17 Mei 2022.

Wikipedia.org (2022). Diakses pada tanggal 17 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: