Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Perayaan Yadna Kasada Suku Tengger

Perayaan Yadna Kasada Suku Tengger
  • 18 Juni 2022
  • 0 Komentar

Perayaan Yadna Kasada Suku Tengger

Upacara Yadna Kasada merupakan ucapan terimakasih kepada Sang Hyang Widhi bahwa masyarakat Tengger diberi keselamatan kebahagiaan dan kelimpahan hasil bumi.

 

Jakarta, 18/06/22 - Suku Tengger berasal dari Gunung Bromo, Jawa Timur. Sebagian dari mereka menempati wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, dan Malang. Bahasa suku Tengger termasuk rumpun bahasa Jawa. Umumnya suku Tengger beragama Hindu. Suku Tengger memiliki budaya dan adat istiadat yang sudah dilakukan secara turun temurun.

 

Warga Suku Tengger, yang bermukin di wilayah Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Lumajang, menggelar upacara perayaan Yadnya Kasada. Upacara untuk menghormati para leluhur ini, digelar setiap tanggal 14-15 Bulan Kasada. 

 

Upacara ini disebut hari raya YadNya Kasada yang dilakukan pada bulan ke-12 (Kasada) yang bertepatan dengan bulan purnama. Adat Kasada merupakan ucapan terimakasih kepada Sang Hyang Widhi bahwa masyarakat Tengger diberi kenikmatan, keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan, rejeki, dan kelimpahan hasil bumi.

 

Prosesi upacara dimulai dengan Medak Titro atau pengambilan air suci yang disimpan dalam gua Widodaren. Air ini dilengkapi dengan sesajen yang disebut Nglukat Umat. Adat Kasada dilakukan di balai desa Ngadisari. Ada berbagai acara seperti menjual produk lokal dan hasil bumi unggulan, sore hari ada pawai obor, dan pacuan kuda.

 

Tetua adat mempersiapkan ongkek yang terbuat dari jenis bambu jajan, bambu betung, atau kayu cemara. Ongkek ini dilengkapi dengan berbagai hasil panen yang dihasilkan tanah Tengger.

 

Pada sore menjelang malam hari ketika bulan purnama, ada pertunjukan seni drama tari yang menceritakan Joko Seger dan Roro Anteng diiringi gamelan. Malam harinya, masyarakat suku Tengger mempersiapkan ongkek bersama-sama melewati Cemoro Lawang menuju Pure Poten atau Pure Sakral.

 

Pura ini menjadi tempat berlangsungnya upacara adat Kasada yang berada di kaki gunung Bromo dan gunung Batok. Ongkek ini dipikul diterangi obor. Setelah memasuki Pura Poten diiringi gamelan lalu mulai upacara adat.

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Katadata.co.id (2022). Diakses pada tanggal 18 Juni 2022. 

Probolinggokab.go.id (2022). Diakses pada tanggal 18 Juni 2022. 

Sindonews.com (2022). Diakses pada tanggal 18 Juni 2022. 

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: