Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Peduli Sampah Saat Mudik dan Lebaran

Peduli Sampah Saat Mudik dan Lebaran
  • 05 Mei 2022
  • 0 Komentar

Peduli Sampah Saat Mudik dan Lebaran

Berbagai aktivitas belanja atau konsumsi Lebaran berpotensi munculkan sampah. Begitu juga tradisi mudik Lebaran juga tak lepas mebambah tumpukan sampah. 

 

Jakarta, 05/05/22 - Lebaran telah tiba. Berbagai aktivitas belanja atau konsumsi Lebaran bakal menambah  produksi sampah. Begitu juga tradisi mudik Lebaran juga tak lepas dari potensi makin memperbanyak sampah. 

 

Dalam perjalanan mudik dan arus balik, di tempat tujuan maupun pada masa balik lagi berpotensi menimbulkan sampah.

 

Merujuk data 2018, terhitung ada 13.500 ton sampah dihasilkan 19 juta pemudik. Tahun ini, perkiraan ada 80 jutaan pemudik, dengan asumsi per orang hasilkan sampai 0,1 kilogram, bisa dibayangkan berapa banyak sampah pada masa mudik. 

 

Kampanye “Mudik Minim Sampah”, sebenarnya bisa juga ditekankan pada aktivitas mengurangi sampah plastik. Daripada membeli air dalam kemasan botol minum sekali pakai, lebih baik   membawa tumbler. Untuk camilan, lebih baik bawa dari rumah.

 

Kementerian Lingkungan Hidup telah meluncurkan kampanye “Mudik Minim Sampah”. Antisipasi persoalan sampah Mudik disebut sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.  Indikasi ini terlihat dengan kesiapan Pemerintah Daerah dan Pengelola Fasilitas Publik (stasiun, pelabuhan, terminal bus, jalan tol, dan rest area). Hal tersebut menjadi perhatian KLHK terkait kesiapan dan respon cepat dari pengelola fasilitas publik.

 

Sobat Revmen, Yuk kita mulai peduli terhadap sampah tidak hanya saat mudik tapi juga dihari hari lainnya. Aktivitas tersebut bisa dimulai dengan mengurangi sampah plastik, membawa tumbler, Untuk camilan, lebih baik bawa dari rumah, Gunakan barang-barang ramah lingkungan dan tak sekali pakai. #AyoBerubah #RevolusiMental

 

Report : MKH

 

Sumber

Mongbay.co.id (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Okezone.com (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: