Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Pecalang “Jagabaya” Ikut Amankan Sholat Idul Fitri

Pecalang “Jagabaya” Ikut Amankan Sholat Idul Fitri
  • 04 Mei 2022
  • 0 Komentar

Pecalang “Jagabaya” Ikut Amankan Sholat Idul Fitri

Ribuan umat muslim di Kota Denpasar menjalankan Salat Id Fitri pada Senin (2/5) di Masjid, musola dan lapangan. Seperti yang dilakukan warga di lapangan Pegok, Denpasar.

 

Jakarta, 04/05/22 - Satuan pengamanan desa adat di Bali atau yang lebih dikenal pecalang turut mengamankan pelaksanaan salat id Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022 Masehi. Potret itu terlihat dalam salat id umat muslim di Lapangan Pegok, Kelurahan Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

 

Namun ada yang berbeda dibandingkan sebelumnya, para pecalang ini tidak mengenakan pakaian adat Bali. Mereka nampak mengenakan kaos dengan kerah warna merah dan memakai celana lengkap dengan sepatu. Di bagian punggung kaos yang dikenakan bertuliskan 'Jagabaya Br. Pegok'.

 

Pecalang tidak memakai pakaian adat Bali dalam pengamanan salat id Idul Fitri kali ini karena bukan merupakan upacara Hindu. Pakaian adat Bali dikenakan oleh pecalang bila melakukan pengamanan mengenai upacara Hindu.

 

Salah satu anggota Jaga Baya, Nyoman Agustina mengatakan kali ini jumlah yang hadir memang cukup membludak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Mungkin karena dua tahun tidak akibat pandemi jadinya sekarang sangat pasar padat.

 

Dia menjelaskan kerukunan antar umat beragama di sekitar banjar Pegok, Desa Sesetan, Denpasar sudah terjalin sejak lama. Itu mengapa setiap ada acara keagaaman selalu melibatkan perangkat adat dan desa Dinas dalam melakukan pengamanan.

 

Sobat Revmen, Kebersamaan umat Islam dan Hindu di Denpasar khususnya desa banjar Pegok sudah terbangun sejak lam. Para sesepuh desa adat selalu terlibat dalam membantu pengamanan dibantu petugas linmas. Potret kerukunan umat Islam Hindu Bali merupakan wajah Indonesia yang sesungguhnya sebagaimana nilai Revolusi Mental dalam gerakan Indonesia Bersatu. #AyoBerubah

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Suarabali.id (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: