Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Menko PMK : Gerakan Menanam Pohon Mulai dari Kampus

Menko PMK : Gerakan Menanam Pohon Mulai dari Kampus
  • 06 Juli 2022
  • 0 Komentar

Menko PMK : Gerakan Menanam Pohon Mulai dari Kampus

Melalui Gerakan menanam pohon diharapkan seluruh masyarakat dapat mengambil bagian dalam menanamkan nilai revolusi mental.

 

Jakarta, 6/07/22 - Perwakilan sejumlah Perguruan Tinggi di Kota Medan berkumpul di Universitas Sumatera Utara (USU) pada hari Rabu 6 Juli 2022 berkolaborasi dengan Kemenko PMK berkomitmen mendukung Aksi Nyata Penanaman Sepuluh Juta Pohon sebagai salah satu aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yang dicanangkan oleh Presiden. 

 

Kegiatan penanaman kali ini masuk dalam rangkaian Perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 di Kota Medan dan dilaksanakan di Kampus Utama Universitas Sumatera. Aksi Nyata penanaman pohon didukung oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Pertanian, dan dihadiri oleh berbagai unsur kementerian, lembaga, masyarakat, civitas akademika, mahasiswa dan kelompok pecinta lingkungan. 

 

Muhadjir menjelaskan, aksi nyata penanaman pohon di USU ini merupakan sebuah upaya bersama untuk memberikan kesadaran kepada sivitas kampus akan pentingnya menjaga lingkungan dan kebersihan demi kelangsungan hidup yang sehat. “Menanam pohon itu membutuhkan effort yang lebih daripada menebang. Tanam pohon dan merawatnya bisa butuh 40 tahun, namun menebang hanya butuh 10 menit saja,” katanya.

 

Muhadjir turut menjelaskan, saat ini ada tiga ancaman global yang tengah dihadapi. Pertama adalah efek rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim, kedua adalah Covid-19 dan ketiga adalah perang antara Rusia dan Ukraina. Penanaman pohon yang dilakukan di USU ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi efek rumah kaca agar iklim global kembali normal.

 

“Kami berharap gerakan Revolusi Mental dalam hal menanam pohon dan merawat lingkungan ini bisa tumbuh dari lingkungan kampus. Karena kami percaya bahwa insan kampus selalu lebih jernih dalam memandang masa depan dalam hal menjaga lingkungan,” katanya.

 

Kegiatan penanaman secara simbolis dilakukan oleh Menko PMK, Muhadjir Effendy beserta jajaran bersama Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, perwakilan Gubernur Sumatera Utara, perwakilan Walikota Medan, bersama 10 Rektor Perguruan Tinggi di Kota Medan, yaitu: Rektor Unimed, Dr. Syamsul Gultom, S.KM , M.Kes, Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin  Harahap, MA, Rektor UMSU,  Prof. Dr  Agussani, M.AP, Rektor UISU, Dr. Yanuar Jamaluddin, M AP., Rektor Universitas Panca Budi, Dr.  H.M Isa Indrawan, S.E., M.M, Rektor Universitas Prima, Prof.  Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes, Rektor Universitas Nomensen Dr. Haposan, Siallagan, S H.M.H, Direktur Politeknik Negeri Medan: Abdul Rahman Dalimunthe, S E., Ak M.Si., CA, Rektor UNU Sumatera Utara: Dr Ibnu Affan, S.H., M.Hum, dan Rektor UNIKA Medan: Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, M.BA.

 

Rektor USU, Dr Muryanto Amin, SSos, MSi dalam sambutannya menyambut baik program Gerakan Revolusi Mental yang digagas Kemenko PMK. “Program ini sebenarnya sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir, sebelumnya ada gerakan bersih-bersih kampus serta program pengolahan sampah dan limbah di lingkungan kampus,” ujarnya.

 

Aksi nyata penanaman sepuluh juta pohon yang diinisasi oleh Kemenko PMK bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian ini merupakan wujud nyata implementasi nilai gotong royong, dimana dunia pendidikan bersama masyarakat bersama-sama melakukan aksi nyata perubahan. Kegiatan penanaman pohon juga juga dilakukan Menko PMK di Lapas Kelas 1 Anak Tanjung Gusta, Medan. 


Harapannya gerakan menanam sepuluh Juta pohon  ini dapat ditindaklanjuti oleh seluruh perguruan tinggi di Sumatera Utara dan masyarakat. Semua diharapkan untuk turut andil berpartisipasi pada upaya perubahan dan menjadi komitmen bersama yang berkelanjutan dalam pengurangan resiko bencana, dan pengendalian perubahan iklim, sekaligus untuk mewujudkan Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu dengan semangat Gotong Royong.  #sepuluhjutapohon #ayoberubah #revolusimental

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: