Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Kerukunan Islam-Hindu saat Malam Takbiran di Kepaon

Kerukunan Islam-Hindu saat Malam Takbiran di Kepaon
  • 04 Mei 2022
  • 0 Komentar

Kerukunan Islam-Hindu saat Malam Takbiran di Kepaon

Umat hindu ikut memeriahkan malam takbiran dengan memainkan bleganjur. Saat ada perayaan keagamaan di hindu, umat muslim juga kerap terlibat.

 

Jakarta, 04/05/22 - Umat hindu di Desa Pemogan, Denpasar Selatan ikut melepas acara takbiran keliling yang dilaksanakan oleh warga dari Kampung Muslim Kepaon saat malam lebaran dengan memainkan bleganjur (gamelan Bali).

 

Malam takbiran tahun ini menjadi istimewa bagi warga umat muslim di Kampung Islam Kepaon, Desa Adat Kepaon, Desa Pemogan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

 

Pasalnya, sejak pandemi COVID-19 pada dua tahun lalu, kegiatan Tarling (Takbir keliling) di Kampung Islam Kepaon ditiadakan. Namun, kini kerinduan warga Kampung Islam Kepaon telah terobati, karena pada Ramadhan kali ini mereka dapat mengikuti dan menyaksikan kembali Takbir keliling.

 

Warga Kampung Islam Kepaon ini mempunyai tradisi unik ketika momentum bulan Ramadan. Tradisi unik tersebut, yakni makan bersama ala umat Hindu Bali yang lebih dikenal dengan sebutan megibung.

 

Kepala Dusun Kampung Muslim Kepaon, Muhamad Asmara menuturkan bahwa tidak hanya saat malam takbiran umat hindu dan muslim menyatu dalam kebersamaan. Namun dalam setiap acara saling bantu membantu. Bahkan saat upacara pernikahan maupun kematian kami saling menghadiri.

 

Sobat Revmen, Berdasarkan penuturan para tokoh sepuh di Kepaon toleransi yang kental antar umat hindu dan muslim di Desa Pemogan karena berasal dari nenek moyang yang sama. Nenek moyang umat muslim ada yang berasal dari hindu, maupun sebaliknya. Wah keren yan sobat revmen, semoga toleransi sebagaimana umat Hindu-Islam di Kepaon terus lestari tidak hanya di Bali tapi juga diseluruh Nusantara. #RevolusiMental #AyoBerubah

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Kumparan.com (2022). Diakses pada tanggal 4 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: