Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Jaga Stamina Tubuh saat Cuaca Panas

Jaga Stamina Tubuh saat Cuaca Panas
  • 14 Mei 2022
  • 0 Komentar

Jaga Stamina Tubuh saat Cuaca Panas

Suhu panas terasa di sejumlah wilayah di Indonesia sejak beberapa waktu terakhir.



 

Jakarta, 14/05/22 - Suhu di beberapa kota di Indonesia terasa sangat panas dalam beberapa hari terakhir. Banyak orang yang merasa gerah karena suhu yang cukup tinggi tersebut. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, sejumlah daerah mengalami cuaca panas antara 33-36.1 °C.

 

Kondisi tersebut, terjadi di wilayah Jabodetabek, sampai wilayah Jawa-Bali-Nusa Tenggara serta yang berad di selatan ekuator pada perodei April-Mei 2022. Untuk suhu maksimum tertinggi hingga 36.1 derajat Celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara. Temperatur yang lebih tinggi bahkan pernah terjadi di tahun 2018 dan 2019.

 

Disebutkan, suhu maksimum tertinggi di Indonesia pernah berlangsung pada April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8 derajat Celcius di Palembang pada 2019. Sedangkan, di bulan Mei sekitar 38.8 derajat Celcius di Temindung Samarinda pada 2018.

 

Untuk menghadapi cuaca panas selama bulan Mei ini, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kondisi stamina tubuh. Caranya adalah dengan selalu memenuhi kecukupan cairan. Terutama bagi warga yang beraktivitas di luar ruangan pada siang hari saat cuaca panas.

 

BMKG melalui Instagram @indobmkg menerangkan, suhu udara terik yang terjadi pada siang hari tersebut dipicu oleh beberapa hal, diantara terkait posisi semu matahari dan dominasi cuaca cerah.

 

Kondisi ini membuat tingkat pertumbuhan awan dan fenomena hujannya akan sangat berkurang, sehingg cuacacerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

 

BMKG menegaskan cuaca panas terik yang terjadi belakangan ini bukanlah fenomena gelombang panas atau heatwave.

 

Sobat Revmen, Masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari diminta untuk tetap mencukupi cairan tubuh supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya.

 

Reporter : MKH

 

Sumber 

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 14 Mei 2022.

Okezone.com (2022). Diakses pada tanggal 14 Mei 2022.

Tribunnews.com (2022). Diakses pada tanggal 14 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: